Melalui Susur Sungai, BI Kalsel Sediakan Layanan Kas Bagi Masyarakat

0

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Provinsi (KPwBI) Kalimantan Selatan kembali melakukan inovasi layanan kas untuk menyediakan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, yaitu Ekspedisi Rupiah Susur Sungai.

KPwBI Provinsi Kalimantan Selatan akan bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menggunakan transportasi sungai dengan menyusuri masyarakat sepanjang pesisir sungai.

KPwBI Kalsel menyusuri sungai di wilayah Kabupaten Barito Kuala hingga Kabupaten Kapuas sedangkan KPwBI Provinsi Kalimantan Tengah akan menyusuri sungai dari Palangkaraya hingga Kabupaten Kapuas.

BACA : Tak Hanya Drive-Through Dan Di Pasar Ramadhan, BI Juga Layani Penukaran Uang Via Susur Sungai 

“Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 8 s.d 11 Mei 2023 dan jumlah uang rencana akan didistribusikan sebanyak Rp 3,2 Milyar,” ucap Robi Ariadi, Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Intern KPwBI Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (8/5/2023).

Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, Ekspedisi Rupiah Susur Sungai turut menghadirkan kegiatan, yang meliputi, Layanan Kas Keliling, Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri yaitu PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) berupa bantuan sarana dan prasarana pendidikan kepada SDN Sungai Punggu 2 dan SDN Sungai Seluang.

“Tujuan PSBI ini, agar dapat memberikan dukungan peningkatan kualitas pendidikan setempat,” tambahnya.

BACA JUGA : Susuri Sungai Hingga Kalteng, BI Sosialisasikan Transaksi Non Tunai

Acara puncak Ekspedisi Rupiah Susur Sungai akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2023 di Pelabuhan Danau Mare Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Dalam acara tersebut, akan mempertemukan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan dan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah yang juga disertai kegiatan Layanan Kas Keliling dan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah.

“Kegiatan ekspedisi ini akan menjadi momen yang berharga untuk menghadirkan Bank Indonesia hingga ke berbagai pelosok negeri dan menjadi komitmen untuk menyediakan uang Rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,” tuturnya.

Meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kebanggan masyarakat untuk menggunakan uang Rupiah dan menjaga reputasi uang Rupiah sebagai salah simbol kedaulatan negara.

“Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.