Kodim 1013/Muara Teweh Laksanakan Program Penghijauan Penanaman Pohon

0

BEKERJASAMA dengan beberpa pemangku kepentingan, Kodim 1013/Muara Teweh telah melaksanakan program penghijauan penanaman pohon.

PENANAMAN pohon di lingkungan Kodim ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Satuan Polisi Pamongpraja, mahasiswa dan pelajar serta insan pers, Sabtu (6/5/2023).

Dandim 1013.Muara Teweh Letkol Infantri Edi Purwoko melalui Pasi Teritorial Kodim 1013/Mtw Kapten Inf Mufit Asnari mengatakan, penanaman pohon merupakan kecintaan, dan kepedulian terhadap bumi dimana manusia hidup secara umum.

BACA: HUT Ke 48 Korem 102/Panju Panjung, Kodim 1013/MTW Tanam Sejuta Pohon

Perlu disadari bahwa hutan berperan sebebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutaj kayu dan hasil hutan bukan kayu untuk kebutuhan pangan.

Juga ketersediaan air sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen,rekreasi dan koservasi keanekaragaman hayati. “Saat ini kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak,” kata Dandim.

“Selain rusak,” kata dia, “pencemaran udara mengakibatkab langit di atas kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. Sementara itu lahan sekitarnya sering terlihat gersang serta hutan banyak yang rusak.”

Akibatnya bila musim hujan sering mengalami bencana banjir. Sebaliknya pada musim kemarau mengalami kekeringan. Ini merupakan pertanda kondisi hutan dan lingkungan mulai rusak, sehingga tidak berpungsi secara optimal.

BACA JUGA: Kodim 1013/MTW Bangun Jembatan Sungai Palili Untuk 6 Desa Terisolir

Menurutnya, hutan yang rusak tidak dapat lagi berpungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan manusia. Ini sangat berbahaya dan harus dihentikan dengan program penanaman pohon. “Untuk masa depan generasi muda, karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai warisan nenek moyang,tetapo sesuati yang kita pinjam milik generaai yang akan datang,” urainya.

Johannes CSR Officer PT Pama Persada Nusantara saat hadir acara penanaman mengatakan, jumlah pohon yang ditanam ada 1000 bibit. Merupakan program CSR perusahaan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Johannes juga memaparkan, program CSR yang diberikan untuk wilayah operasi, selain penghijauan juga pendidikan, dan sarana umum lainnya di tengah masyarakat.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.