Program Bantuan Dana RT Pemkot Banjarbaru Membuahkan Hasil, Puluhan Ton Singkong Mentega Panen

0

WALIKOTA Banjarbaru, HM Aditya Mufti Arifin hadiri panen raya singkong mentega milik Pokmas Sejahtera Sungai Ulin hasil dari pengelolaan dana bantuan RT Mandiri, Kamis (4/5/2023)

PASALNYA program bantuan dana RT Mandiri yang digencarkan Pemkot Banjarbaru  untuk 120 RT di Kota Banjarbaru terus membuahkan hasil. Misalnya saja kebun singkong seluas dua hektar yang sudah ditanam dan dikelola oleh Pokmas Sejahtera sejak enam bulan lalu membuahkan hasil dengan estimasi berat 25-30 Ton, dengan harga jual Rp 3.000 per kilogramnya. 

Dengan begitu berharap terus berjalannya program RT Mandiri dapat menghasilkan produk – produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Banjarbaru. Hal ini dilakukan agar masyarakat Kota Banjarbaru dapat berswasembada kebutuhan supaya dapat menekan angka inflasi di Kota Banjarbaru.

BACA : Pertumbuhan Ekonomi Banjarbaru Capai Angka 7,93 Persen Buat Presiden Jokowi Terkejut

“Jadi paling tidak kita berharap produk – produk yang dihasilkan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Banjarbaru dulu, itu yang paling utama. Jadi kita ingin berdikari kita swasembada kebutuhan di Banjarbaru sehingga inflasi yang terjadi belakangan ini dapat ditekan dengan program yang dijalankan, termasuk RT Mandiri,” ucapnya usai panen raya.

Adapun, Ketua Pokmas Sejahtera Dani Rafaldi mengatakan bahwa ubi yang dipanen dari lahan seluas 2 hektare ini bisa mencapai berat 36 ribu kilogram.

“Kalau hitungan per batang, 18 ribu batang dengan hasil 2 kilogram per batang,” ujar Dani.

BACA JUGA :  Ditopang 4 Komponen Pendukung, Pertumbuhan Ekonomi Banjarbaru Melejit Di 2022  

Dani menuturkan ubi-ubi atau singkong yang dipanen saat panen raya ini bahkan sudah diborong oleh pengepul untuk diolah menjadi tape dan keripik singkong.

“Dari modal Rp 75 juta dari Pemkot Banjarbaru, omzet (dari penjualan singkong) sekitar Rp 90 juta,” pungkasnya.

Diketahui, Program RT Mandiri yang telah berjalan sejak tahun 2022 terus memberikan manfaat bagi masyarakat, hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi Kota Banjarbaru yang berada diatas rata – rata kabupaten/kota dan menjadi yang tertinggi di Kalimantan Selatan dengan angka 7,93%.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.