Diikuti 115 Peserta, Kwartir Cabang Pramuka Banjarbaru Gelar Raicab XII

0

KWARTIR Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru resmi menghelat Raimuna Cabang (Raicab) Kota Banjarbaru XII di halaman SDN 2 Loktabat Selatan Kota Banjarbaru, Sabtu (29/4/2023).

BERTAJUK “VIRAL (Visioner, Inspiratif, Religius, Agility, and Leadership)”, Raicab ini diikuti sebanyak 115 orang dari  SMA/SMK/MA se-Kota Banjarbaru.

Ketua Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru, Ahmad Edy Hasij menyampaikan, Raicab Kota Banjarbaru XII Tahun 2023 dititikberatkan kepada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat.

BACA : Asah Keterampilan, DKR Banjarbaru Selatan Gelar Perkemahan Raimuna Ranting Penegak

“Kegiatan yang diadakan dalam Raicab ini macam-macam mulai dari kegiatan umum, wawasan, kesenian, hingga kegiatan bakti. Yang mengarah pada tujuan Gerakan  Pramuka melalui pembinaan mental dan spiritual, aksi kepedulian terhadap masyarakat, persaudaraan dan kekerabatan, Peningkatan Keterampilan, serta pengenalan budaya,” jelasnya.

Dirinya berharap peserta Raicab Kota Banjarbaru XII Tahun 2023 mendapatkan beragam kegiatan sebagai penambah bekal dalam proses pembentukan jati diri.

Senada hal itu, Ketua Kwartir Cabang Kota Banjarbaru, Deddy Sutoyo menuturkan dengan mengikuti raicab ini para peserta dapat memaknai bahwa pramuka lebih unggul dalam setiap profesi.

“Kita berharap adik-adik pramuka bisa lebih memaknai bahwa pramuka bisa lebih bunggu dalam setiap profesi apapun. Dan siap menghadapi tantangan, menjadi pioner setiap kemajuan,” tuturnya kepada jejakrekam.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru itu juga menyampaikan siapapun yang akan terpilih mewakili Banjarbaru ke tingkat daerah maupun nasional harus tetap semangat.

BACA JUGA : Hj Raudatul Jannah Dilantik Jadi Ketua Kwarda Pramuka Kalsel

“Siapapun yang terpilih untuk mewakili, saya yakin itu yang terbaik dari yang terbaik. Semangat adik-adik mengharumkan nama Kota Banjarbaru dan jangan lupa jaga kesehatan,” pungkasnya.

Adapun salah satu peserta dari MAN Kota Banjarbaru Indriyani Nursafitri mengaku bangga karena dapat mengikuti Raimuna Cabang Banjarbaru XII tersebut.

“Senang dan bangga pastinya karena belum pernah mengikuti kegiatan hal seperti ini. Selain mendapatkan ilmu pengalaman baru disini juga mendapat kawan-kawan baru dari berbagai sekolah,” ucapnya.

Indriyani mengatakan dalam Raimuna Cabang Banjarbaru XII ini materi yang didapatkan sangat bermanfaat.

“Tadi ada materi Pramuka Pelopor Anti Narkoba, materi kedua ada Pentingnya Memahami SAR untuk Pramuka, kemudian yang ketiga materi Pramuka adalah Pewarta, dan yang terakhir ada Implementasi Kegiatan Pramuka,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan raicab ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi semua orang.

“Semoga dari MAN Kota Banjarbaru nantinya juga ada yang terpilih untuk mewakili ketingkat daerah maupun nasional,” pungkasnya.

Diketahui, dari hasil kegiatan Raicab Banjarbaru XII ini nantinya akan dipilih beberapa perwakilan untuk mengikuti Raimuna Daerah Provinsi Kalimantan Selatan pada 6-8 Mei 2023 mendatang di Kiram Park serta Raimuna Nasional pada 12-21 Agustus 2023 mendatang.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/tag/deddy-sutoyo/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.