DLH Tanbu Verifikasi Lapangan Penilaian di Adipura Lokal Program Madinah Berseri

0

PEMKAB Tanbu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam waktu dekat melakukan verifikasi lapangan penilaian Adipura Lokal.

ALASANNYA, merupakan implementasi program Madinah Berseri (Masyarakat Peduli Keindahan, Bersih, dan Lestari).

“Sebagai tindaklanjut dari Adipura Lokal Program Madinah Berseri yang dilaunching 9 Maret 2023, maka Tim Penilai Kabupaten terdiri Internal DLH dan TP PKK Kabupaten melakukan Verifikasi Lapangan pada 2 – 9 Mei 2023,” ucap Kepala DLH Tanbu Rahmad Prapto Udoyo didampingi Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti, di Batulicin, Kamis (28/4/2023).

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Salurkan Bantuan Kebakaran

Menurutnya, Tahun 2023 ini, sebanyak 24 Desa/Kelurahan dari 12 Kecamatan diusulkan masing-masing Kecamatan mengikuti Adipura Lokal menuju Lingkungan Bersih, Indah, dan Nyaman (Akal Beriman).

Indikator penilaian Adipura Lokal murni diadopsi dari kriteria yang ada di penilaian Adipura tingkat Nasional.

“Jadi disesuaikan levelnya pada tingkat kabupaten, dan memerlukan koordinasi lintas bidang di DLH. Sebab dari indikator tersebut terdapat tupoksi masing-masing bidang,” tambahnya.

BACA JUGA: Mengawali Masuk Kantor, Pemkab Tanbu Gelar Halal Bihalal dengan ASN

Objek penilaian sebanyak 15 lokasi terdiri 14 lokasi fisik, dan 1 kriteria non fisik.

Objek lokasi penilaian di desa/kelurahan disesuaikan karakteristik wilayah masing-masing, seperti perumahan atau pemukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit/puskesmas/puskesdes/posyandu, hutan desa, taman desa, bank sampah, dan lainnya.

“Penghargaan diserahkan pada saat peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia diperingati 5 Juni 2023,”sebutnya.

BACA JUGA: Persiapan Hadapi Lebaran, Pemkab Tanbu Gelar Rakor

Begitu pula, sambungnya, kesiapan Tanbu menjelang pemantauan dan penilaian Adipura Nasional yang diperkirakan Agustus-September 2023 akan lebih baik lagi. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.