Inilah 10 Nama Calon Komisioner KPU Kabupaten/Kota Se-Kalsel, Didominasi Wajah Baru

0

TIM seleksi (timsel) KPU Kabupaten/Kota Se-Kalsel baik itu Timsel Kalsel 1 dan Timsel Kalsel 2  periode 2023-2028, telah mengumumkan 10 nama peserta calon komisioner yang lolos tes kesehatan dan wawancara.

BERDASARKAN pengumuman nomor 033/TIMSEL1KABKOTA-GEL2-Pu/04/63/2023 dan nomor 033/TIMSE2KABKOTA-GEL2-Pu/04/63/2023, tentang Penetapan Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten Kota Se-Kalsel, minus Kabupaten Tabalong Periode 2023-2028.

“Kerja Timsel sudah selesai pada tahap wawancara. Keputusan 5 anggota KPU Kabupaten/Kota di tangan KPU RI,” ujar Sekretaris Timsel Kalsel 2 Zainal Fikri, kepada jejakrekam.com, Sabtu (22/4/2023).

Tim Seleksi menyampaikan, laporan pelaksanaan dan hasil Seleksi kepada KPU RI. “Selanjutnya peserta mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan oleh KPU RI untuk memilih 5 orang anggota KPU Kab/Kota,” ujarnya.

BACA: Inilah Hasil Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Se-Kalsel

“Kemudian 10 nama yang kami rekomendasikan itulah nanti akan berangkat ke KPU RI, dan mengikuti tahap akhir yang kemudian menghasilkan lima nama calon komisioner KPU Kabupaten/Kota di Kalsel periode 2023-2028,” ucapnya.

Zainal menambahkan, ada 2 kabupaten yang tidak sampai 10 nama. Yakni Kabupaten Kotabaru yang hanya 7 orang, sedangkan Kabupaten Tanah Laut hanya 8 orang. “Sebab yang lainnya tidak memenuhi syarat dan gugur waktu psikotes yang direkomendasikan oleh pihak TNI AD,” bebernya .

“Setelah kita sampaikan ke KPU RI, peserta yang dinominasikan 10 orang ini akan dilakukan fit and propert test oleh KPU RI bersama dengan KPU provinsi,” bebernya.

Sekretaris Timsel Kalsel 1 Wahyu menambahkan, pelaksanaan tes sudah sesuai dengan PKPU. “Selain PKPU memang ada petunjuk teknis dari KPU RI terkait mekanisme seleksi pada tes psikologi,” ujarnya.

BACA JUGA: 3 Petahana Gugur di Babak Seleksi Wawancara, Ini 10 Besar Calon Komisioner KPU Kalsel

“Salah satunya, PKPU tidak mewajibkan untuk menetapkan 20 orang. Bunyi peraturan tersebut hanya mengatakan, Timsel menetapkan maksimal 4 kali kebutuhan. Sehingga Timsel boleh saja tidak menetapkan 20 orang ,karena mereka tidak ada yang memenuhi syarat,” ungkapnya.

Calon komisioner KPU Kabupaten/Kota Se-Kalsel yang diajukan minus Kabupaten Tabalong ini, merupakan hasil kerja timsel tanpa ada keraguan akan kekeliruan, karena bisa dilihat dari sistemnya yang menggunakan aplikasi SIAKBA.

“Kita kirim nilai ke pusat dan kita tidak tahu hasil bagian lain seperti apa, jadi murni inilah yang terbaik bisa kami lakukan,” katanya.

“Kita berharap 10 orang ini dapat mengikuti tahapan selanjutnya dengan baik. Siapa pun yang terpilih, semuanya kita dukung untuk demokrasi Kabupaten/Kota di Kalsel dan Indonesia,” bebernya.

BACA LAGI: Puskopol UI Dan Jaringan Pro Demokrasi Soroti Keterwakilan Perempuan 30 Persen  Seleksi Calon Komisioner KPU Mengkhawatirkan

Berikut 10 nama peserta calon komisioner KPU Kabupaten/Kota  Se-Kalsel minus Kabupaten Tabalong, yang lolos tes kesehatan dan wawancara ternyata di dominasi wajah baru.

Untuk Kalsel 1:

A. KPU Kabupaten Balangan, Ahmad Turjani, Eka Hariadi, Mizwar Ilhamy, Muhammad Salman, Muhammad Quryhobi Rahman, Risman, Suhaimi, Syahrani, Wahyudi dan Wawan Gunawan.

B. KPU Kabupaten Banjar , Abdul Muthalib, Hairul Falah, Hasmi Ridho, Husni Thamrin, Muhammad Noor Aripin, Muhammad Ridha, Muhammad Saufi, Riski Wijaya Kusuma, Rusmilawati dan Sapriansyah.

C. KPU Kabupaten Barito Kuala, Akhmad Gapuri, Karina Yustiana Muslimah, M Ali, Noor Yanto, Rasmi Baderi, Rudi Ramadlan, Rusdiansyah, Soedarmono AZ, Syahrianudin dan Wardani 

D. KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Abdiansyah, Ertanti Rokmana, Gusriadi, Khairudin, Mahfuz, Muh Zainudin, Muhammad Ridha, Padilaturahman, Sapari Muhammad Sidik dan Zauhar Muslim.

E. Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Anur Rijali, Ardiansyah, Johransyah, Khairil Mukhlis, Mailinasari, Muhammad Iqbal Sanjaya, Murjani, Nurul Huda, Rezky Febrianor dan Siswandi Reya’an.

F. KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara, Emmy Najmiati , Herry Febriadi, Ihsan Rahmani, Muhammad Noor, Murdani, Netty Fajarwati, Rumah Melati, Rina Mei Saputri, Wahyudin dan Yazid Mahasin.

Sedangkan untuk Kalsel 2 adalah 

A. KPU Kabupaten Kotabaru, Andi Muhammad Saidi, Andi Syamsudin, Arifudin, Dedi Alamsyah, Dessy Puji Lestari, Rudi Aliansyah, Suko Yuwono.

 B.KPU Kabupaten Tanah Bumbu , Arif Rachman, Ayu Tyas Lysa Rifiana, Bustanul Mubarok, Donny Arifin, Kisrayanansyah, Man Hidayat, Muhammad Sakra Efendi, Puryadi, Suryadi dan Yayan Hidayat.

C. KPU Kabupaten Tanah Laut, Abdul Azis, Fendi Haryadi, Maya Elinda Sari, Nazaruddin Ikhwan, Nina Marta Sintia, Rudy Pratikno, Sri Hartati dan Taufikurrahman.

D. KPU Kabupaten Tapin, Fakhrian Noor, Fathur Rahman Nor, Fitria, Herman Firdaus , Irfan Rafi’an, Mahnuradi, Marliansyah, Nisa Ansyari, Thessa Aji Budiono dan Tsauban Abqorie.

E. KPU Kota Banjarbaru, Dahtiar, Hadri, Haris Fadhillah, Hereyanto, Normadina, Pansyah, Resty Fatma Sari, Rizky Maesa, Rozy Maulana dan Zainal Andri.

F. KPU Kota Banjarmasin, Azhari Fadli, Hj.Rusnailah, Fadli Rizki, Fahriansyah, Farid Akhmad, Hafizah Wahid, Heriwijaya, M.Taufiqurrahman, Rahmadiansyah dan Subhani.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/04/23/inilah-10-nama-calon-komisioner-kpu-kabupaten-kota-se-kalsel-didominasi-wajah-baru/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.