Jamaah Langgar Darul Iman Teluk Tiram Batamat Al-Qur’an

0

SUDAH menjadi budaya dan tradisi di kalangan masyarakat Banjar, menerapkan pendidikan dengan tuntunan agama Islam. Dan tuntunan itu biasa didapat dari Al-Qur’an dan hadis Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam.

TUNTUNAN tentunya dapat diraih dengan belajar dan mengamalkan membaca Al-Qur’an sedari kecil. Bahkan ketika anak sudah berumur sekitar 6 tahun baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan, mereka sudah diajarkan untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an dianjurkan setiap hari, karena di dalamnya terdapat kisah para aulia dan ambiya, perintah Allah, kabar gembira hingga ancaman Allah, yang semuanya dapat dijadikan sumber hikmah. Terlebih lagi kalau membacanya di bulan Ramadhan, yang telah diketahui bahwa Al-Qur’an diturunkan pertama kali pada bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini.

BACA: Batamat Quran dalam Masyarakat Banjar

Seperti yang dilakukan masyarakat di kawasan Teluk Tiram Darat, Gang 34, RT29. Setiap tahunnya jamaah Langgar Darul Iman, Kelurahan Teluk Tiram, juga menghidupkan bulan Ramadhan dengan tadrus Al-Qur’an.

Tadrus Al-Qur’an dilaksanakan setiap usai shalat tarawih, setiap malamnya. Puncaknya pada Selasa (18/4/2023), saat memasuki malam ke-26 bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, jamaah mengkhatamkannya.

“Pada malam-malam terakhir bulan puasa tahun ini, kami telah menyelesaikan bacaan Al-Qur’an,”  tutur Ustadzah Saniati. 

BACA JUGA: Ramadhan 1444 H Segera Berakhir, Langgar Muhajirin Banjar Indah Helat Tradisi Batamat Quran

Khatam Al-Qur’an yang dikenal di Banua dengan istilah Batamat, menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang berada di sekitar tempat ibadah umat Islam.

Dituturkan oleh Idrus selaku pengurus langgar Darul Iman, bahwa kegiatan tadarus dan Batamat Al-Qur’an ini rutin dilakukan setiap tahunnya. “Malam ini yang batamat Al-Qur’an jamaah Yasinan ibu-ibu. Malam kamis besok, jamaah laki-lakinya,” ucapnya.

“Setidaknya kami turut melakukan syiar Islam, dan mudah-mudahan Allah merahmati kami untuk dapat memahami isi kandungan Al-Qur’an. Juga kami berharap anak-anak kami lebih giat lagi belajar membaca Al-Qur’an,” pungkasnya. (jejakrekam) 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/04/19/jamaah-langgar-darul-iman-teluk-tiram-batamat-al-quran/
Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.