Perdalam Materi LKPj Gubernur, Pansus II Lakukan Pembahasan Bersama Mitra Kerja

0

UNTUK memperdalam materi dan membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2022 Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Panitia khusus (Pansus) II DPRD Kalsel, menggelar rapat bersama sejumlah mitra kerjanya, di Banjarmasin, Rabu, (12/4/2023).

KETUA Pansus II, Imam Suprastowo menjelaskan, rapat kali ini untuk mendengar laporan dari masing-masing mitra kerjanya, untuk kemudian ditampung dan dipelajari, terlebih terkait anggran dan kegiatan-kegiatan di tahun 2022.

“Dalam pertemuan ini, kita melihat masih ada SILPA kegiatan di sejumlah SKPD di tahun lalu. Ternyata, setelah kita pelajari dan melihat keterangan-keterangan dari kepala dinas terkait, ternyata masalahnya bukan dari sisa kegiatan teknis, melainkan sisa gaji pegawai yang sudah pensiun,” ujar Imam Suprastowo.

BACA : Bank Kalsel Optimis Capai Modal Inti Minimum Sesuai Ketentuan Regulator

Politisi dari Fraksi PDI-P ini mengakui, tentu di setiap tahunnya akan selalu ada tantangan yang bisa jadi berbeda-beda.

Tahun-tahun sebelumnya, lanjut Imam, tantangannya ialah pandemi Covid-19, sedangkan beberapa waktu belakangan ini ialah endemi Covid-19 ditambah dengan isu resesi dan inflasi.

Karenanya pansus mendorong untuk memaksimalkan anggaran yang telah ada di SKPD dan mitra kerjanya.

BACA JUGA : Optimalisasi Pajak Air Permukaan, Komisi II DPRD Kalsel Kunjungi Samsat Batulicin

Ketua komisi  membidangi ekonomi dan keuangan ini juga mewanti-wanti untuk jangan takut membelanjakan anggaran sejauh digunakan sebagaimana mestinya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu Imam Suprastowo juga mendorong seluruh mitra kerjanya untuk melakukan inovasi-inovasi program untuk kepentingan masyarakat dan daerah. Sehingga mampu beradaptasi dan menghadapi tantangan yang ada.

Dia mencontohkan, seperti yang telah dilaksanakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel yang dipimpin Syamsir Rachman,  mereka melakukan inovasi penanaman padi di air yang disebut padi apung. “Hal-hal yang seperti inilah yang kita harapkan kepada SKPD lain,” pungkas Imam Suprastowo.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.