Ramadhan 1444 H, Pemkot Banjarbaru Gelontorkan Ratusan Juta untuk Tempat Ibadah

0

PULUHAN tempat ibadah baik itu masjid, langgar dan mushala di Banjarbaru mendapatkan dana hibah ratusan juta sepanjang bulan Ramadhan 1444 Hijriah/Tahun 2023 untuk perbaikan sarana dan prasarana maupun operasional dari Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Arifin.

BERDASAR laporan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Banjarbaru pada Bagian Kesra, sejak dua minggu lebih berjalannya Ramadhan, total dana yang telah dihibahkan sedikitnya mencapai Rp 449 juta.

Pemberian dana hibah tersebut bertepatan saat berlangsungnya agenda Safari Ramadhan yang dilaksanakan Walikota Banjarbaru Aditya.

BACA : Tersandung Masalah Pajak Dan Perizinan, Warunk Upnormal Banjarbaru Berhenti Beroperasi

Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarbaru Suriansyah memaparkan untuk total dana yang telah dihibahkan walikota sepanjang Safari Ramadhan terdiri dari 5 masjid dan tiap langar, mushala di 20 kelurahan.

Untuk 5 masjid sendiri penyalurannya mencapai Rp 249 juta dan langgar mushala sebesar Rp 200 juta.

“Jadi total akumulasi penyalurahan dana hibah untuk tempat ibadah sampai saat ini sebesar 449 juta rupiah. Untuk langgar mushala di masing-masing kelurahan 10 juta rupiah. Sementara untuk satu masjid senilai 49 juta rupiah,” katanya, Senin (10/4/2023).

Kendati demikian, Suriansyah menyatakan, bahwa penyaluran dana hibah rumah ibadah melalui Pemkot Banjarbaru masih akan tetap berlanjut. Sebab dijelaskannya untuk tahun anggaran 2023 ini jumlah dana bantuan Langgar dan Musala di Kota Banjarbaru sendiri dianggarkan mencapai angka Rp 1 miliar.

BACA JUGA : Minimalisir Lahan Kritis, Pemkot Banjarbaru Gelar Rakor Gerakan Revolusi Hijau

“Jadi masih berlanjut. Karena keselurahan anggarannya 1 miliar rupiah untuk 100 langgar musala,” tuturnya.

Sementara itu,  Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, menerangkan penyaluran dana bantuan masjid ini merupakan kewajiban Pemerintah Kota Banjarbaru untuk memuhi kebutuhan masyarakat dalam hal peningkatan kualitas tempat ibadah. Apalagi khususnya menjelang peringatan Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan tidak lama lagi.

“Kita ingin memberikan rasa nyaman kepada masyarakat menjalankan ibadah, dari sisi sarana dan prasarana yang terus ditingkatkan. Saya harap bantuan ini digunakan semaksimal mungkin khususnya dalam mempersiapkan tempat ibadah menyambut hari Raya Idul Fitri Nanti,” ucap orang nomor satu di Banjarbaru.

Diterangkan Aditya juga selain penyaluran dana hibah tempat ibadah, ia juga menyalurkan paket sembako dan tali asih untuk LPM dan Forum RT/RW. Dengan demikian bantuan tersebut dapat memberikan dukungan khususnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Agenda safari ramadhan kemarin juga menjadi kesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan masyarakat Kota Banjarbaru. Semoga bantuan yang telah diberikan dapat benar-benar bermanfaat,” tuntasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.