Persiapan Haul Guru Zuhdi Ke-3 Sudah Rampung, Ratusan Personil Keamanan Dan Ribuan Relawan Terlibat

0

HAUL KH Ahmad Zuhdianoor atau Guru Zuhdi yang ke-3 diklaim pihak penyelenggara telah rampung untuk tahap persiapan, serta telah disiapkan pengamanan ratusan personil gabungan.

ACARA yang nantinya akan diselenggarakan pada malam ke-9 Ramadhan, atau pada hari Kamis (30/3/2023) ini, disampaikan oleh Ketua Yayasan Majta Muhammad Nidaudin telah selesai, dan tinggal menunggu pelaksanaannya saja.

“Alhamdulillah sudah rampung untuk segala halnya mulai dari persiapan tempat jamaah, makan, parkir, hingga hal lainnya,” ucapnya saat ditemui di kawasan kubah Guru Zuhdi Rabu (29/3/2023).

BACA: Demi Haul ke-3 Guru Zuhdi, Pemkot Banjarmasin Siapkan 6.000 Bungkus Nasi

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan nanti para jemaah akan menempati seluruh kawasan Antasan Kecil, untuk tempat duduknya dan di luar dari itu adalah tempat kantong parkir bagi jamaah.

Acara Haul ini sendiri diungkapkannya akan sama seperti yang rutin dilaksanakan, di mana pelaksanaannya selepas shalat tarawih dan dilanjutkan dengan pembacaan yasin, tahlil, maulid serta doa.

“Kemudian untuk konsumsi sendiri yang sudah kami data akan ada sekitar 22 ribu lebih bungkusan untuk para jamaah,” tuturnya.

Selain itu nantinya akan ada dari relawan yang membantu jalannya acara, dimana dari mereka ada yang sudah mendirikan pos-pos baik untuk keamanan maupun pos kesehatan demi mendukung jalannya acara.

Di sebutkan Nidaudin untuk jumlah relawan yang terlibat kali ini mencapai ribuan orang, yang mana dari mereka juga akan bersama-sama membangun dapur umum jikalau nanti kebutuhan konsumsi yang diperlukan melebihi persiapan.

“Kalau dari Yayasan Majta tidak mendirikan dapur umum, ini memang murni dari relawan yang berkumpul untuk mendirikannya,” ujarnya.

Lalu sebelum dibukanya kubah bagi jemaah esok harinya, ia juga menjelaskan akan ada proses sterilisasi di sekitaran area haul. “Jadi pada pukul 6 pagi kami akan menutup sementara akses bagi para peziarah, dan akan dibuka kembali menjelang pelaksanaan haul atau selepas taraweh selesai,” jelasnya.

BACA JUGA: 20 Ribu Porsi Makanan Disiapkan untuk Jamaah Haul Guru Zuhdi, Kapolda Sumbang 2 Ekor Sapi

Sementara itu Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito mengungkapkan, untuk menghadapi acara Haul Guru Zuhdi yang ke-3 ini, akan diturunkan sejumlah personil gabungan untuk mengamankan jalannya acara.

“Jadi telah bersiap dari kami sendiri kepolisian, Kodim, Dishub, Satpol PP yang nantinya akan berjumlah 400 personel lebih,” ucapnya ketika memantau lokasi sekitar acara haul, Rabu (29/3/2023).

Untuk pengalihan arus sendiri nantinya akan dilihat kondisionalnya di lapangan, yang mana untuk jalan sendiri diungkapkan nya akan dibuka seperti biasa namun bila nantinya antusiasme masyarakat membludak maka akan di berlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengendalikan situasi jalan.

“Untuk petugas pengamanan acara sendiri nanti akan kami siagakan diseluruh titik, mulai dari di titik utama hingga sekitarannya, dimana ini terdiri dari petugas gabungan,” jelasnya.

“Yang pada intinya kami ingin acara Haul Guru Zuhdi ini dapat berjalan dengan tertib serta lancar dan dapat membawa perasaan aman dan nyaman pada jemaah yang berhadir,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.