Demi Haul ke-3 Guru Zuhdi, Pemkot Banjarmasin Siapkan 6.000 Bungkus Nasi dan Pemprov Kalsel Dirikan Dapur Umum

0

WALIKOTA Banjarmasin Ibnu Sina memastikan pemerintah kota ikut berpartisipasi dalam gelaran haul ke-3 KH Ahmad Zuhdianoor atau Guru Zuhdi (Abah Haji) pada malam 9 Ramadhan 1444 Hijriyah.

DIRENCANAKAN, haul ulama kharismatik asal Banjarmasin ini akan dihelat Yayasan Majelis Tabaruk (Majta) di Kubah Guru Zuhdi, Jalan Belakang Masjid Jami, Antasan Kecil Timur pada 8 malam ke-9 Ramadhan 1444 H.

“Kami berkomitmen untuk membantu kelancaran acara haul Abah Haji. Sebab, bantuan ini dilakukan sebelum acara dimulai maupun selepas acara haul,” ucap Walikota Ibnu Sina kepada awak media di Banjarmasin, Senin (28/3/2023).

Berdasar perkiraan, Ibnu Sina menyebut total jamaah yang akan hadir di haul Abah Haji ini mencapai puluhan ribu orang. Untuk itu, Pemkot Banjarmasin menyediakan paket konsumsi sebanyak 6.000 bungkus nasi.

BACA : Tak Buka Donasi, Yayasan Majta Pastikan Haul Ke-3 Guru Zuhdi Pada Malam 9 Ramadhan Terbuka Untuk Umum

Untuk itu, mantan anggota DPRD Kalsel ini mengajak warga Banjarmasin untuk hadir dalam acara haul Abah Haji pada Kamis (30/3/2023) malam.

“Demi kenyamanan dan keamaan jamaah yang menghadiri haul ke-3 di Kubah Guru Zuhdi, kami juga telah berkoordinasi dengan panitia pelaksana. Hal ini terkait dengan rekayasa lalu lintas, karena ada beberapa ruas jalan yang akan ditutup saat pelaksanaan haul,” beber Ibnu Sina.

Dia memastikan Pemkot Banjarmasin akan menerjunkan personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP guna membackup pihak kepolisian. “Insya Allah, kami bersama jajaran pemerintah kota akan menghadiri haul ke-3 Abah Guru Zuhdi. Semoga acaranya bisa berjalan dengan tertib dan lancar,” imbuh Ibnu Sina.

BACA JUGA : Diiringi Hujan Cukup Deras, Prosesi Pemakaman Jenazah Guru Zuhdi Berlangsung Khidmat

Sementara itu, Pemprov Kalsel juga memastikan akan mendirikan dapur umum untuk keperluan makan gratis bagi jamaah haul ke-3 Guru Zuhdi di Sungai Jingah.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Achmadi. Menurut dia, sejak Kamis (30/3/2023) sore hingga pelaksanaan peribadatan shalat Tarawih pada malam ke-9 Ramadhan telah dipersiapkan dapur umum.

BACA JUGA : Masjid Jami Banjarmasin Memutih, Haul Akbar ke-2 Guru Zuhdi Berlangsung Khidmat

“Ada sebanyak 5.000 makanan siap saji siap dibagikan kepada jamaah haul. Hal ini berdasar arahan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor,” kata Achmadi.

Dia menjelaskan posisi dapur umum ini berada di ring 1 dari lokasi Kubah Guru Zuhdi untuk akses masuk dan keluar bagi jamaah.

“Menunya berupa makanan khas berbuka yang disiapkan untuk dibagikan kepada jamaah, ditambah juga kurma dan air minum,” imbuh Achmadi.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian/Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.