Festival Salikur Banjarbaru 2023, Ciptakan Kerekatan Sosial Dalam Hikmah Ramadhan

0

MENYEMARAKAN Bulan Ramadhan 1444 H, Pemerintah Kota Banjarbaru menghelat Festival Salikur Tahun 2023. 

MENGUSUNG tema “Mendulang Hikmah Cahaya Ramadhan”, Salikur tahun ini dihelat selama satu bulan Ramadhan yang diikuti RT-RT di Banjarbaru. 

“Mulanya panitia ingin Salikur ini berkeliling, tapi setelah TM, akhirnya diputuskan Salikur tetap di masing-masing lingkungan RT. Apalagi Banjarbaru saat ini memiliki RT Mandiri,” ucap Ketua Pelaksana Festival Salikur, HE Benyamin kepada Jejakrekam.com, Senin (27/3/2023). 

BACA: Ini Pemenang Festival Salikur 2022, Walikota Banjarbaru : Tahun Depan Ada Inovasi Baru

Didukung dengan RT Mandiri tersebut, ujar Bang Ben sapaan akrabnya, dapat menjadi pintu masuk ekonomi kreatif untuk menarik wisatawan berkunjung sekaligus menikmati kuliner yang ada di Banjarbaru. 

Bang Ben mengungkapkan kalau konsep Salikur tahun 2023, masih sama seperti sebelumnya. Dimana pada 10 hari pertama Ramadhan peserta mulai menghias gapura masing-masing RT. Kemudian 10 hari kedua Ramadhan peserta menghias lingkungannya dengan lampion, dan 10 hari terakhir Ramadhan sebagai puncaknya, yang nantinya akan ada Tanglong dengan ukuran 1,5 x 1,5 meter. 

“Alhamdulillah saat ini kurang lebih 20 RT di Banjarbaru yang sudah proses berpartisipasi dalam Festival Salikur tahun 2023. Nantinya ada tujuh juri yang menilai, 4 juri profesional dan 3 juri kelompok yang terdiri dari PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Banjarbaru, Pewadahan Nanang-Galuh Banjarbaru dan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia),” ucapnya. 

Untuk penilaian, dewan juri akan menilai dari segi artistik, kreativitas, dan kesesuaian tema.

BACA JUGA: Siap Tempur Menuju Puncak 21 Ramadhan, Juri Festival Salikur Beri Bocoran Penilaian

Perihal hadiah dalam festival ini, pihaknya tengah mengusahakan piala walikota bergilir. “Insyaallah kita mengusahakan nanti tidak hanya uang pembinaan, yang menjadi juara umumnya juga akan mendapat piala walikota,” tambahnya lagi. 

Bang Ben berharap dengan adanya festival salikur tersebut masyarakat Banjarbaru dapat melihat kembali lingkungan terdekatnya. 

“Sehingga tercipta rasa saling menghargai, kerjasama, kerakatan sosial menjadi lebih dekat dan kita bisa mendulang hikmah Ramadhan yang penuh berkah ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/27/festival-salikur-banjarbaru-2023-ciptakan-kerekatan-sosial-dalam-hikmah-ramadhan/,Tanglong
Penulis Sheilla
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.