Lawan Rentenir, Pemkab Balangan Luncurkan Program Buhutang Kada Babunga

0

PEMERINTAH Kabupaten Balangan resmi meluncurkan program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) Bunga 0 persen program Sanggam Bakabun (Bahutang Kada Babunga) PT. BPR Sanggam Cipta Sejahtera tahun 2023.

PELUNCURAN program ini ditandai dengan penandatanganan MoU kerja sama program KPMR Bunga 0 persen, oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi, dengan Direktur PT. BPR Sanggam Cipta Sejahtera, Muhammad Isnaeni, di ruang rapat Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan.

Setelah penandatanganan, acara dilanjutkan dengan penyerahan permohonan program KPMR Bunga 0 persen program Sanggam Bakabun, dari nasabah kepada pimpinan PT BPR Sanggam Cipta Sejahtera yang disaksikan langsung Bupati Balangan.

BACA : Ringankan Beban Masyarakat, Bupati Balangan Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Abdul Hadi mengatakan, selama ini akses permodalan UMKM lebih banyak ke lembaga permodalan yang memberatkan seperti ke koperasi simpan pinjam, atau bahkan rentenir.

Oleh karenanya, pemerintah daerah melalui program Sanggam Bakabun ini, mencoba memberi tidak sekadar bantuan permodalan dan akses perbankan, tetapi juga memudahkannya, membantu tanpa memberati, menyediakan dana yang bisa dipinjam tanpa beban bunga.

“Semoga program ini bisa membantu para pelaku usaha mikro kita di Balangan, dan dengan adanya bantuan penambahan modal dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi bagi usaha mikro,” harapnya.

Abdul Hadi juga menegaskan kepada SKPD terkait agar proaktif dalam menjalankan fungsi perizinan usaha, pembinaan dan pendampingan terhadap nasabah Program Sanggam Bakabun.

BACA JUGA : Dukung IKN, Balangan Berencana Jadi Sentra Pembibitan Ikan Lokal

Sementara itu, Direktur PT. BPR Sanggam Cipta Sejahtera, Muhammad Isnaeni sangat mengapresiasi program KPMR Bunga 0 persen, program Sanggam Bakabun yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Balangan.

Menurutnya, program Sanggam Bakabun ini sangat membantu masyarakat pasca pandemi Covid-19 yang sempat melanda beberapa waktu lalu.

Isnaeni menyebut bahwa selain dapat membantu masyarakat, program ini juga mampu mendongkrak bisnis dan usaha rakyat, serta menumbuh kembangkan para pelaku usaha baru.

“Semoga perekonomian bisa lebih menggeliat dan usaha bisa lebih berkembang lagi di Balangan dengan adanya bantuan program seperti ini,” harap dia.(jejakrekam)

Penulis Herry/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.