Pukul Beduk Disambut Rebana, Pj Bupati Batola Buka Pasar Ramadhan di Siring Ulek Marabahan

0

PENJABAT (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat resmi membuka Pasar Ramadhan 2023 di Siring Ulek Marabahan, dengan memukul beduk didampingi Ketua DPRD Batola Saleh.

PEMUKULAN ‘dauh’ ini disambut dengan pukulan rebana sekaligus meresmikan even tahunan Pemkab Batola untuk menyajikan pasar wadai, aneka jajanan dan kuliner khas berbuka puasa di Kota Marabahan, Kamis (23/3/2023).

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batola Zulkipli Yadi Noor, pejabat Forkopimda, sejumlah asisten dan staf ahli, para Kepala SKPD dan para Camat. Berhadir pula Pj Ketua TP PKK Batola Suharyanti Mujiyat, Ketua DWP Batola Hj Herwina Rezeki, serta ketua organisasi wanita lainnya, pasar wadai ini dibuka bagi umum.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Batola, Sabirin mengungkapkan pemilihan lokasi pasar Ramadhan di Siring Ulek Marabahan karena view Sungai Barito yang indah.

BACA : Arak Piala Adipura di Marabahan, Pj Bupati Batola Janjikan Segera Bangun Tugu Adipura

“Tenda pedagang pun sengaja dibuat satu arah agar pengunjung bisa bersantai di Siring Ulek Marabahan,” ujar Sabirin.

Terdapat 64 pedagang yang berjualan di pasar Ramadhan 1444 H ini. Buka mulai pukul 15.00 Wita hingga beduk atau azan Maghrib selama bulan Ramadhan. 

“Lokasi di Siring Ulek Marabahan juga lebih mudah dijangkau masyarakat dari Kecamatan Bakumpai yang berada di seberang Sungai Barito,” kata Sabirin.

BACA JUGA : Hadirkan 158 Layanan dari 17 Instansi, Pemkab Batola Punya Mall Pelayanan Publik Setara di Marabahan

Sementara itu, Pj Bupati Batola Mujiyat menyambut baik gelaran agenda tahunan ini. Terutama venue yang begitu indah dengan pepohonan rindang. Namun, dirinya meminta ada inovasi terkait gelaran pasar Ramadhan ini. 

“Mungkin bisa dilaksanakan di kawasan Jembatan Rumpiang tahun depan,” ucap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalsel ini.

Menurut dia, pemilihan kawasan Rumpiang sebagai wadah pasar Ramadhan akan lebih memudahkan para pembeli. Terutama, para pengendara motor maupun mobil bisa singgah dengan mudah berbelanja ke pasar Ramadhan. “Di kawasan Jembatan Rumpiang arus lalu lintas juga lancar,” ujar Mujiyat.

BACA JUGA : Kota Marabahan Diyakini Lebih Tua Dibandingkan Banjarmasin

Menurut dia, tidak perlu kekhususan untuk menuju pasar wadai apabila di sekitar Jembatan Rumpiang. Mujiyat berpesan kepada seluruh pedagang agar menjaga kebersihan. Yakni, dengan membuang sampah pada tempatnya serta di lapak masing-masing pedagang sudah tersedia tong sampah.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.