Dinkes P2KB Balangan Gelar Ekspose Review Penyusunan GDPK

0

DINAS Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Balangan, adakan ekpose pendahuluan review penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Balangan Tahun 2022-2035, di Aula 1 Bappedalitbang, Paringin Selatan.

GDPK merupakan arahan kebijakan yang dituangkan dalam program lima tahunan pembangunan kependudukan Indonesia, untuk mewujudkan target pembangunan kependudukan, serta diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2014.

Kepala Dinkes P2KB Kabupaten Balangan, Akhmad Nasa’i, mengatakan pada dasarnya GDPK ini sudah disusun sejak tahun 2019, namun karena ada perubahan kepemimpinan, sehingga harus disesuaikan dengan visi misi kepala daerah saat ini.

BACA : SSB Mantimin Putera Club Gelar Turnamen Sepak Bola Mini, Bupati Balangan Berikan Dukungan

Akhmad Nasa’i menerangkan bahwa penyusunan GDPK ini bertujuan untuk memberikan arah dan menjadi pedoman dalam penyusunan Road Map pembangunan kependuduka ke depan.

“Kegiatan ini adalah review GDPK Kabupaten Balangan dalam merancang lima pilar yaitu, pengendalian kuantitas penduduk, kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk, dan penataan administrasi kependudukan,” terangnya.

Sementara itu, narasumber dari Pusat Studi Kependudukan LPPM ULM (Universitas Lambung Mangkurat), Dr Norma Yuni Kartika, menyebut bahwa saat ini GDPK di Kabupaten Balangan sudah menampilkan data yang sangat baik.

BACA JUGA : Benahi Penunjang Pendidikan, Bupati Abdul Hadi Audiensi Dengan Kemenag Balangan

“GDPK sendiri pendataannya harus keseluruh sektor, semakin kaya datanya akan semakin baik juga dokumennya ke depan. Untuk di Kabupaten Balangan sendiri sudah sangat baik sekali data saat ini,” sebutnya.

Untuk itu, guna mendukung pendataan yang menyeluruh, Kabid Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi kalimantan Selatan, Musyridyansyah, berharap dukungan dari seluruh SKPD di Kabupaten Balangan, untuk bekerja sama dalam menumbuhkan kependudukan yang berkualitas dan berdaya saing.

“Nanti seluruh sektor SKPD yang ada di Kabupaten Balangan harus mendukung dan bekerja sama dalam program kegiatan kerja, yaitu menumbuhkan kependudukan yang berkualitas dan berdaya saing di Kabupaten Balangan untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045,” pintanya.(jejakrekam)

Penulis Herry/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.