Diisi Akademisi UIN Antasari-ULM Plus Aktivis Demokrasi, Dicari 2 Komisioner, Ini 5 Timsel Bawaslu Kalsel

0

BAWASLU RI mengeluarkan pengumuman untuk pembentukan tim seleksi (timsel) calon anggota Bawaslu Provinsi periode 2023-2028 di 29 Provinsi di Indonesia.

DALAM pengumuman Bawaslu RI Nomor 220/KP.01.00/K1/03/2023, tanggal 23 Maret 2023 diteken oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dipilih timsel yang berasal dari kalangan akademisi perguruan tinggi.

Hal ini berdasar amanat Pasal 124 ayat (1) dan ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa Bawaslu membentuk timsel untuk menyeleksi calon anggota Bawaslu Provinsi pada setiap provinsi. Timsel berjumlah liam orang berasal dari unsur akademisi, profesional dan tokoh masyarakat yang memilik integritas.

Khusus Provinsi Kalsel, terpilih H Amal Fathullah merupakan akademisi filsafat pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Amal Fathullah juga merupakan ASN Kementerian Agama.

BACA : 3 Komisioner Baru Dilantik, Azhar ‘Aldo’ Ridhanie Terpilih Jadi Ketua Bawaslu Kalsel

Kemudian, dosen program studi ilmu komunikasi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Muhammad Alif masuk dalam Timsel Bawaslu Kalsel.

Akademisi dari UIN Antasari Banjarmasin M Irfan Islamy juga dipilih oleh Bawaslu RI. Ada pula dari kalangan pegiat sosial, demokrasi dan lingkungan; Tobaristani yang juga anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA : Tinggal Cari 2 Komisioner Lagi, Aries-Mukhlis-Rudini Anggota Bawaslu Kalsel Terpilih

Terakhir, ada nama Titi Anggraini yang merupakan aktivis dan pengamat pemilu dengan konsentrasi hukum tata negara. Titi Anggraini pernah pula menjabat Direktur Eksekutif Perludem periode 2010-2020. Titi Anggraini juga aktif IFES Indonesia, International Republican Institute (IRI) serta Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias.

Ini nama akademisi dan pegiat demokrasi yang masuk Timsel Bawaslu Provinsi Kalsel pilihan Bawaslu RI. (Foto Tangkapan Layar)

Untuk diketahui dalam komposisi Bawaslu Kalsel periode 2022-20217 sudah terpilih dan dilantik tiga komisioner baru yakni Aris Mardiono, Akhmad Mukhlis, dan Muhammad Radini pada Rabu (21/9/2022) lalu. Mereka ini terpilih dari hasil seleksi tahap I oleh Bawaslu RI.

BACA JUGA : Kini Nasib Ditentukan Bawaslu RI, Hanya 3 Komisioner Bawaslu Kalsel Dicari

Tersisa dua komisioner yang akan berakhir masa pada pertengahan tahun 2023 ini. Yakni, Azhar ‘Aldo’ Ridhanie yang kini Ketua Bawaslu Kalsel. Aldo sendiri sudah dua periode duduk di lembaga pengawasan pemilu masa jabatan 2013-2018 dan 2018-2023.

Sedangkan, koleganya, anggota Bawaslu Kalsel lainnya Nur Kholis Majid yang sebelummua merupakan anggota KPU Kalsel ini terpilih bersama Aldo pada 14 Juli 2018 silam.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.