Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri, BI Kalsel Siapkan Rp 2,79 Triliun

0

PERWAKILAN Bank Indonesia Kalimantan Selatan menyiapkan uang cash sebesar Rp 2,79 triliun untuk melayani kebutuhan masyarakat Banua menghadapi Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“BI menyediakan uang pecahan Rp 2,79 triliun untuk penukaran yang tersebar di 207 titik lokasi penukaran yang dikerjasamakan dengan teman-teman dari perbankan baik bank umum maupun BPR. Ada 185 titik oleh Bank Umum dan 22 titik oleh BPR,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Wahyu Pratomo usai peluncuran SERAMBI 2023, singkatan dari “Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2023” di Kantor BI Kalsel, Selasa (21/3/2023).

Selain itu, lanjut Wahyu Pratomo, BI Kalsel juga melakukan layanan inovasi drive-trough atau penukaran uang tanpa turun dari kendaraan di halaman belakang Kantor BI Kalsel mulai hari ini.

BACA : Tak Hanya Drive-Through Dan Di Pasar Ramadhan, BI Juga Layani Penukaran Uang Via Susur Sungai   

“Layanan drive-trough tadi telah dicoba oleh Sekda Kalsel, selanjutnya terbuka bagi masyarakat umum, setiap Senin-hingga Kamis mulai pukul 09.00-12.00,” ujarnya.

Menurut Wahyu Pratomo, Bank Kalsel juga melakukan kegiatan layanan penukaran uang susur Sungai Martapura minimal sebanyak dua kali di Kalsel. “Apabila kesepakatan tinggi, nanti bisa ditambahkan frekuensinya,” tuturnya.

BI Kalsel bersama perbankan juga melakukan kerjasama layanan dalam kerangka Kaliber atau Kas Keliling Bersama di Banjarmasin, Barabai dan wilayah Kotabaru.

“Kami juga melakukan kegiatan yang sifatnya wholesale atau penukaran dengan perusahaan besar, ASN, TNI Polri atau grup-grup masyarakat banyak, kita layani selain 207 titik bekerjasama dengan perbankan,” jelasnya.

BACA JUGA : Sambut Ramadhan, BI Kalsel Uji Coba Layanan Tukar Uang Secara Lantatur

Wahyu menegaskan tidak membatasi jumlah penukaran, agar mudah dan cepat dilakukan secara paket perorangan. Pecahannya juga telah diatur sesuai kebutuhan masyarakat.

Peluncuran Serambi 2023 BI Kalsel, ditandai pemotongan pita oleh Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo, dilanjutkan penukaran uang secara lantatu atau drive-trough oleh Sekda.

Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengapresiasi inovasi yang dilakukan BI Kalsel dengan membuka program layanan penukaran uang bagi masyarakat umum menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Dengan adanya layanan Serambi 2023 BI Kalsel ini, lanjut Roy, masyarakat tidak perlu lagi kesulitan memperoleh uang pecahan yang biasanya dibutuhkan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

“Layanan penukaran uang pecahan ini sangat membantu masyarakat terutama untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Semoga layanan Bank Indonesia ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh masyarakat,” katanya usai launching SERAMBI 2023.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.