Tak Hanya drive-through dan di Pasar Ramadhan, BI Juga Layani Penukaran Uang Via Susur Sungai   

0

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel akan menyelenggarakan layanan penukaran uang Rupiah selama Ramadhan. Kegiatan itu dirangkum dalam tajuk SERAMBI 2023, singkatan dari “Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri 2023”. Rencananya launching SERAMBI 2023 akan dilaksanakan, Selasa (21/3/2023) besok.

DIREKTUR BI Kalsel Budi Widihartanto mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan rangkaian uji coba inovasi layanan penukaran uang Rupiah, yaitu kas keliling susur sungai Martapura pada 14 Maret 2023 lalu, dan layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through) di kantor BI Kalsel pada 16 Maret 2023 lalu.

Dari hasil uji coba tersebut dirinya mengklaim animo masyarakat cukup tinggi. Sehingga demi memenuhi kebutuhan uang kartal bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, dan kualitas yang layak edar (clean money policy), maka BI Kalsel akan melanjutkan layanan penukaran uang tunai selama bulan Ramadhan.

BACA : Sambut Ramadhan, BI Kalsel Uji Coba Layanan Tukar Uang Secara Lantatur

“Ada tiga jenis inovasi layanan penukaran yang akan kami lakukan selama Ramadhan. Yaitu kas keliling susur Sungai Martapura menggunakan perahu bermotor (kelotok), layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through), dan kas keliling di Pasar Wadai Ramadhan menggunakan mobil kas,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya telah menyusun jadwal layanan penukaran uang untuk masing-masing kegiatan. Pertama, kas keliling susur Sungai Martapura, akan diselenggarakan selama dua kali, yaitu tanggal 17 April 2023 dan 19 April 2023 mendatang.

Kedua, layanan tukar uang tanpa turun kendaraan di kantor BI Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Nomor 15 Banjarmasin, akan dilakukan sebanyak sembilan kali. Yaitu pada pembukaan kegiatan SERAMBI 2023 tanggal 21 Maret 2023 besok, kemudian tanggal 3 – 6 April 2023 mendatang dan tanggal 10 – 13 April 2023 mendatang.

BACA JUGA : Dari Usaha Penukaran Uang Baru, Bisa Raup Untung Ratusan Hingga Jutaan Rupiah

Terakhir layanan kas keliling di Pasar Wadai Ramadan, akan diselenggarakan secara bergantian di Taman Siring nol kilometer Banjarmasin dan Menara Pandang Siring Banjarmasin. Totalnya sebanyak empat kali, dimulai sejak tanggal 10 – 13 April 2023 mendatang.

Selain melalui tiga kegiatan penukaran yang dilakukan BI Kalsel tadi, dirinya juga mengingatkan dan mengimbau bahwa masyarakat juga bisa menukarkan uang Rupiah melalui kantor cabang bank umum dan BPR di Kalsel.

“Tepatnya ada 207 kantor cabang bank umum dan BPR yang berpartisipasi dalam kegiatan SERAMBI 2023 ini,” tambahnya.

BACA LAGI :  BI Pastikan Uang Pecahan Rp 75 Ribu Alat Sah Bertransaksi

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dapat terlebih dahulu mempelajari syarat penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang dapat diakses pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaranKasKeliling maupun syarat penukaran uang rusak/uang cacat pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaran.

“Ke depan, BI Kalsel akan terus berkomitmen memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar, dalam jumlah yang cukup, dan pecahan yang sesuai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.