Diikuti 28 Grup, Pemkab Banjar Gelar Festival Becatuk Dauh

0

FESTIVAL Becatuk Dauh tahun 1444 H/2023 diresmikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie di halaman Kantor Disbudparpora Kabupaten Banjar, Senin (20/3/2023).

KEGIATAN yang ditandai dengan pemukulan bedug tersebut merupakan agenda rutin dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1444 H.

Habib Idrus mendukung penuh Festival Becatuk Dauh karena sebagian besar pesertanya dari kalangan generasi muda, sehingga sangat positif sebagai ajang atau wadah kreativitas bagi generasi muda untuk mengaktualisasikan bakat dan keterampilannya.

BACA : Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1444 Jatuh Pada Kamis 23 Maret 2023, NU Tunggu Hasil Rukyatul Hilal

“Tentunya hal ini juga merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk melestarikan kebudayaan, terutama ritus keagamaan dalam rangka mendukung misi kelima Pemkab Banjar, khususnya pada pencapaian sasaran berkembangnya budaya Banjar dan budaya religius yang mencerminkan karakter dan kepribadian luhur masyarakat Banjar,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar, Haris Rifani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari prioritas daerah berupa penguatan karakter dan kehidupan masyarakat agamis.

“Sebanyak 28 grup akan mengikuti babak penyisihan yang digelar selama tiga hari, yakni mulai dari 20 – 23 Maret 2023. Untuk babak final malam 21 Ramadan di halaman Kantor Bupati Banjar. Mereka memperebutkan piala bergilir dengan total hadiah Rp 38 juta,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.