7 Desa di Jejangkit Terdampak Banjir, Pj Bupati Batola Mujiyat dan Paman Birin Salurkan Bantuan Paket Sembako

0

SEJUMLAH desa di Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola) terdampak banjir akibat tingginya curah hujan melanda wilayah Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

BANJIR kiriman dari daerah tetangga; Kabupaten Banjar dan fenomena air pasang Sungai Barito mengakibatkan 7 desa di Kecamatan Jejangki, terdampak banjir.

“Banjir yang terjadi di 7 desa, Kecamatan Jejangkit disebabkan air kiriman dari kabupaten tetangga (Banjar) dan pasang surut Sungai Barito,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batola,  Budimansyah kepada awak media, Sabtu (18/3/2023).

Menurut Budimansyah, selain pemukiman warga tergenang, ada sekitar 3.000 hektare lahan pertanian terendam banjir. Hal ini berpotensi menyebabkan gagal panen, seandainya debit air tidak normal dalam waktu dekat.

Mendapat laporan itu, Penjabat Bupati Batola Mujiyat langsung turun. Dia menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Kecamatan Jejangkit.

BACA : Usai Pulau Curiak dan Kanoko, Bupati Batola Hj Noormilyani Bidik Kembangkan Jejangkit Ecopark

Bantuan yang diserahkan Mujiyat bersama Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor itu berupa paket sembako dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel seperti makanan siap saji, beras, gula hingga minyak goreng, termasuk alas tidur berupa kasur, tikar plastik dan 50 nasi bungkus dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Batola.

“Bantuan tersebut menjadi wujud nyata perhatian pemerintah daerah terhadap masyarakat yang terdampak banjir,” ucap Paman Birin, seusai menyerahkan bantuan di Jejangkit.

BACA JUGA : Politik Radikalisasi Air: Mengurai Pangkal Persoalan Pengolahan Air Bersih di Jejangkit

Dia berharap masyarakat selalu diberikan kesabaran, karena orang-orang yang bersabar merupakan kekasih Allah SWT. Meski banjir yang dialami 7 desa belum separah banjir besar pada awal 2021, namun kondisi itu juga mengganggu aktivitas warga desa-desa yang ada di Kecamatan Jejangkit.

Mujiyat bersama Paman Birin melanjutkan berkeliling menuju desa-desa yang terdampak banjir. Usai berada di perbatasan Kabupaten Batola, Paman Birin berikutnya bertandang ke daerah terdampak banjir di Kabupaten Banjar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.