Tingkatkan Bisnis Boga, APJI Kalsel Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

0

KETUA Bidang Diklat Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (DPP APJI) Fitri Kusumowardani mengingatkan, pentingnya manajemen usaha yang baik serta profesional dalam bisnis catering dan rumah makan.

HAL itu disampaikannya saat menjadi pemateri dalam kegiatan Pelatihan Kewirausahaan (Marketing dan Keuangan) APJI Provinsi Kalsel, Rabu (15/3/2023) di Banjarmasin.

“Dengan manajemen yang baik dan profesional pertama kita bisa menghitung benar-benar usaha kita, apakah benar untung atau rugi. Selain itu manfaat lainnya kita bisa mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi,” ungkap dia.

BACA : APJI Kalsel Peduli Dengan Bagikan 2.000 Makanan Siap Saji

Untuk membuat usaha memiliki manajemen yang baik dan profesional, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencatat segala pemasukan dan pengeluaran usaha, kalau perlu dipisahkan antara keuangan usaha dan pribadi. Lalu yang berikutnya pentingnya pengawasan mulai dari pembelian bahan baku, saat melakukan produksi hingga saat melakukan pengantaran pesanan ke pelanggan.

“Yang sering kali terjadi kebocoran pengeluaran kalau di bisnis catering dan rumah makan itu adalah saat membeli bahan baku dan produksi. Jadi kalau bahan baku usul saya beli langsung ke suplier saja agar harganya lebih bisa dipertanggungjawabkan dan stoknya konsisten. Sedangkan untuk produksi di tempat pengolahannya dipasangi CCTV agar pengawasan bisa lebih optimal,” tambahnya.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah terus melakukan pembenahan dan pengembangan produk secara konsisten. Kalau perlu sesama anggota APJI harus saling memberikan saran dan pendapat tentang produk makanan yang dijual oleh sesama anggota.

BACA JUGA :  APJI Kalsel Lahirkan Pengusaha Lokal Menjadi Raja Di Daerah

“Hari ini zamannya bukan lagi saling menjatuhkan, tapi saling berkolaborasi. Jadi anggota APJI tidak ada salahnya untuk saling tukar saran dan pendapat mengenai produk yang dijualnya,” timpalnya lagi.

Sementara itu, Ketua APJI Provinsi Kalsel H Aftahuddin mengatakan, kegiatan kali ini merupakan salah satu upayanya dalam rangka meningkatkan kompetensi anggota melalui berbagai pelatihan kewirausahaan yang digelar secara konsisten.

“Hari ini kan kita kedatangan dari Pengurus DPP APJI, jadi sekalian saja kita bikin kegiatan agar bisa berbagi pengalaman bagaimana cara beliau untuk mengembangkan usaha catering dan rumah makannya yang dapat berkembang dan bertahan hingga sekarang,” bebernya.

Selain itu APJI Provinsi Kalsel pun juga secara konsisten memberikan ruang kepada anggota untuk memperkenalkan produk yang dijual mereka kepada mitra kerja, baik di sektor swasta maupun pemerintahan.

“Jadi setiap audiensi atau acara apa pun, kita selalu perkenalkan produk yang dijual oleh anggota kita. Tujuannya supaya kalau nanti suatu saat mitra kerja membutuhkan, mereka bisa membelinya dari anggota APJI saja,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.