Hiswanamigas Kalsel Jamin Stok LPG Aman Hingga Ramadhan Dan Idul Fitri 1444 H

0

JELANG momen Ramadhan hingga menghadapi lebaran Idul Fitri 1444 H, Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan stok persediaan LPG subsidi maupun non subsidi cukup terkendali.

HAL tersebut disampaikan oleh Ketua Hiswana Migas Kalsel, Hj. Muliana Yuniar, didampingi Wakil Ketua, HM. Irfani dan Addy Chairuddin Hanafiah selaku Dewan Penasihat, Selasa (14/3/2023).

“Ketahanan stok LPG kita bisa sampai satu minggu ke depan. Posisi hari ini ada sekitar 1.500 metrik ton, dan mencukupi hingga satu minggu ke depan,” tutur Hj. Muliana Yuniar.

BACA : Jelang Nataru, Hiswanamigas Kalsel Pastikan Stok LPG Aman

Dijelaskannya, kebutuhan akan LPG Subsidi dan Non Subsidi di Kalsel dan sebagian lagi Kalteng sekitar 550 metrik ton per hari. Dan saat ini ada 4 buah kapal yang masuk silih berganti secara rutin mengangkut gas tersebut ke depo mini LPG Pertamina.

“Kapal kita ada empat, dengan muatan 700 metrik ton, 880 metrik ton dan 950 metrik ton, ditambah satu kapal terakhir bermuatan 750 metrik ton. Sebenarnya dalam cuaca normal, tiga buah kapal pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kalsel dan sebagian Kalteng, namun kita juga berharap cuaca selalu bersahabat dan tidak menyebabkan gelombang tinggi yang dapat menghambat proses penyaluran LPG,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Hj. Muliana juga kembali mengimbau bagi masyarakat mampu agar tidak menggunakan LPG subsidi 3 Kg, karena peruntukkannya adalah bagi masyarakat miskin.

“Beli gas di pangkalan resmi saja dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 18.500. Kalau beli di eceran itu sudah di luar wewenang kami. Pengawasan kita hanya sampai pangkalan,” jelasnya.

BACA JUGA : Pertamina Serahkan 1.769 Paket Konversi BBM Ke BBG

Sementara, Wakil Ketua Hiswana Migas Kalsel, HM Irfani menambahkan, untuk LPG 3 Kg, dalam sehari ada kurang lebih 100 ribu tabung atau sekitar 300 ribu matrix ton yang beredar di Kalsel.

“Jumlah tersebut selalu dapat terpenuhi dengan stok LPG yang cukup banyak di depo Pertamina,” jelasnya.

Irfani juga menegaskan, jika ada penyelewengan yang dilakukan pangkalan LPG, masyarakat bisa langsung melaporkan ke agen di atasnya. “Biasanya ada nama agen dan nomor telepon yang bisa dihubungi di pangkalan tersebut,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.