Bangun Halte Sungai Martapura, Berbiaya Rp 5,5 Miliar Dishub Tambah 5 Unit Bus Trans Banjarmasin Baru

0

BERPAGU anggaran cukup besar bersumber dari APBD 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin tengah meluncurkan beberapa program andalannya.

“UNTUK tahun 2023 ini, ada beberapa proyek pengadaan untuk fasilitas publik seperti pembangunan shelter air (halte sungai) serta pengadaan lima unit bus Trans Banjarmasin,” ucap Kepala Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Begjo kepada jejakrekam.com, Selasa (14/3/2023).

Dia menyebut dua lokasi yang akan shelter air itu di kawasan Menara Pandang, Jalan Piere Tendean dan Siring Nol Kilometer, Jalan Jenderal Sudirman yang berada di tepian Sungai Martapura.

Dikutip dari data lpse.banjarmasinkota.go.id, dana untuk pembangunan shelter air cukup gede mencapai Rp 1.867.000.000 atau Rp 1,8 miliar lebih yang ditenderkan. Menariknya, ada pula proyek pembangunan shelter air (halte sungai) Siring Nol Kilometer untuk bagian atap (kanop) dan arsitektural berpagu anggaran Rp 525 juta.

BACA : Andalkan Bus Trans Banjarmasin, Ibnu Sina Target Integrasikan Moda Transportasi Sungai

Slamet Begjo menambahkan selain halte sungai jika akan ditenderkan lewat sistem e-purchasing untuk pengadaan 5 unit armada bus Trans Banjarmasin senilai Rp 5,5 miliar.

“Jadi, bus Trans Banjarmasin yang selama ini ada lima unit, akan ditambah lagi dengan lima unit, sehingga terdapat 10 unit bus. Badan bus agak lebih besar dibandingkan bus Trans Banjarmasin yang ada diperuntukkan bagi penyandang disabilitas,” beber mantan Kabid Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Sudah Gratis, Ternyata Bus Trans Banjarmasin Justru Belum Diminati Warga

Menurut dia, rute layanan bus warna hijau kuning khas Trans Banjarmasin baru itu akan mengaspal dari Teluk Tiram menuju kawasan Sungai Andai dan sebaliknya. “Untuk pengadaan armada bus Trans Banjarmasin ini, sebagian bersumber dari APBN (Kementerian Perhubungan). Selebihnya lagi ditanggung oleh APBD Banjarmasin,” beber Slamet Begjo.

Dia menegaskan program pengadaan bus Trans Banjarmasin untuk mengintegrasikan moda transportasi sungai dengan darat yang menjadi program prioritas Walikota Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Arifin Noor termaktub dalam 20 program andalan Baiman Lebih Bermartabat.

BACA JUGA : Curhat Sopir Taksi Kuning di Banjarmasin; Hidup Segan Mati Tak Mau

Menariknya, masih dari data lpse.banjarmasinkota. go.id, Dishub Kota Banjarmasin juga merencanakan untuk pembangunan dermaga apung senilai Rp 1,8 miliar lebih, pembangunan gedung uji tahap II berbiaya Rp 3,6 miliar lebih, proyek 1 m2 pembangunan bangunan perkantoran gedung tidak sederhana – 1 lantai (standar + non standar) dengan biaya Rp 1 miliar, hingga pembangunan fasilitas integrasi Nol Kilometer bernilai Rp 822 juta.

Ada pula, beberapa proyek pengadaan rambu-rambu lalu lintas untuk darat dan sungai dengan nilai miliaran rupiah bersumber dari APBD Banjarmasin.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/14/bangun-halte-sungai-martapura-berbiaya-rp-55-miliar-dishub-tambah-5-unit-bus-trans-banjarmasin-baru/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.