Perempuan Senja, Lukisan yang Puitik Karya Sandi Firly di Rumah Alam Sungai Andai

0

KARYA lukisan seniman yang juga wartawan senior, Sandi Firly dipamerkan di Rumah Alam Sungai Andai Banjarmasin. Pameran ini dibuka untuk umum selama 6 hari pada 14-19 Maret 2023.

SALAH satu karya Sandi Firly dipelototi sang empunya Rumah Alam Sungai Andai; Noorhalis Majid adalah berjudul Perempuan Senja, karya rupa berupa lukisan di atas kanvas yang sangat berbau puisi atau puitik.

“Lukisan yang disuguhkan Sandi Firly sangat wajar berbau puitik, karena selain sebagai penulis cerpen dan puisi, pelukis juga mampu menghadirkan puisi dan cerpen dalam lukisannya,” ucap Noorhalis Majid kepada jejakrekam.com, Senin (13/3/2023).

Menurut Noorhalis Majid, satu lukisan kecil karya Sandi Firly dengan ukuran 25×30 centimeter  yang dilukisnya pada tahun 2022 menggunakan acrylic pada sebuah canvas, turut dipamerkan Rumah Alam Sungai Andai.

BACA : Butuh Uluran Tangan, Ketika Garapan Film Sineas Banua Masih Terkendala Finansial

“Dari karya lukis Sandi Firly ini bila dicermati dengan saksama, seperti menggambarkan satu untaian puisi – dan boleh jadi juga cerpen.   Perempuan berdiri di ujung senja – yang diberinya judul perempuan senja. Mungkin karena diliputi kebahagiaan – sebab mampu melepaskan segala yang sudah terjadi, dan pada akhirnya tenggelam oleh waktu, atau menggambarkan satu kesedihan sebab perpisahan,” beber penulis buku peribahasa (paribahasa) Banjar ini.

Diakui Noorhalis Majid, memang, senja sering sekali digambarkan sebagai bentuk perpisahan yang tidak mungkin ditunda atau ditahan. Sebab, beber dia, semakin dekat perpisahan tiba, semakin indah suasana yang menyelimutinya, hingga rasa sakit merasuk dan menusuk, karena tidak ingin melepaskan keindahan berlalu meninggalkannya.

BACA JUGA : Romantisme Kelam Orba, Kisah Maestro Seni Rupa Banua dalam Kerangkeng Peristiwa 65

Dalam pameran lukisan tunggal karya Sandi Firly di Rumah Alam Sungai Andai bertajuk Respect, tak hanya menyuguhkan pameran karya lukis saja.

Rangkaian acara pameran lukisan yang memanfaatkan ruang-ruang terbuka di salah satu ‘restoran’ berkonsep ‘hutan rawa’ di kediaman mantan Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel ini juga dihadirkan diskusi seni rupa pada Selasa (14/3/2023), fotografi dan lukisan pada Rabu (15/3/2023) hingga diskusi buku karya sang pelukis pada Kamis (16/3/2023).

BACA JUGA : Manfaatkan ‘Ruang Temu’ Café California, 30 Lukisan Pelukis Banjarmasin Dan Banjarbaru Dipamerkan

Puncaknya, pada Jumat (17/3/2023) di Rumah Alam Sungai Andai juga dihelat prosfek seni rupa dalam ekonomi kreatif, berlanjut diskusi wajah kota pada Sabtu (18/3/2023) serta pertunjukan musik pada penutupan pameran pada Minggu (19/3/2023) dihelat masing-masing pada pukul 14.00 atau jam 2 sore hingga selesai secara maraton.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/13/perempuan-senja-lukisan-yang-puitik-karya-sandi-firly-di-rumah-alam-sungai-andai/
Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.