Camat Martapura Barat Telusuri Alasan Para Ketua RT di Desa Penggalaman Mundur Massal

0

CAMAT Martapura Barat Ahmad Rabani langsung bereaksi menyikapi adanya pengunduran diri massal sejumlah ketua rukun tetangga (RT) di Desa Penggalaman, Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

“SAYA akan segera menggelar pertemuan dengan para ketua RT yang menyatakan mundur dari jabatannya guna mencarikan solusi terbaik,” ucap Camat Martapura Barat, Ahmad Rabani kepada awak media di Martapura, Senin (13/3/2023).

Untuk diketahui, ada 5 dari 6 ketua RT di Desa Penggalaman, menyatakan diri mundur dari jabatan secara massal. “Kami akan mencari akar permasalahan apa? Kenapa para ketua RT ini mengundurkan diri,” ujar Rabani.

Rabani menyebut dirinya akan segera melaksanakan pertemuan dan rapat dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Penggalaman guna mencari solusi terbaik menyikapi aksi para ketua RT tersebut.

BACA : Gasak Uang BLT, Oknum Ketua RT di Desa Hapalah Berhasil Diringkus Petugas Gabungan

“Untuk pengunduran ketua RT ini nanti akan dibicarakan dengan BPD dan tokoh-tokoh masyarakat, beserta Pembakal (Kepala ) Desa Penggalaman,” beber Rabani.

Dia berharap agar permasalahan di Desa Penggalaman untuk segera diselesaikan dengan cara musyarawah, karena keberadaan ketua RT cukup vital dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Harus secepatnya masah ini diselesaikan, agar pelayanan desa di tingkat bawah bisa terlayani dengan maksimal,” ucap Rabani.

BACA JUGA : Ujung Tombak Pelayanan, Para Ketua RT di Banjarmasin Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Suasana di Kantor Pembakal Desa (Kepala Desa) Penggalaman, terpantau sepi pada Senin (13/3/2023). Pembakal Desa Penggalaman Nur Ifansyah juga dikabarkan tidak ada di tempat.

Menariknya, di depan Kantor Desa Penggalaman masih terpampang tulisan sebagai berikut : “KAMI PARA KETUA RT 1 – 5 DESA PENGGALAMAN SEPAKAT MENGUNDURKAN DIRI KARNA TIDAK SEJALAN & TIDAK SEPENDAPAT LAGI DENGAN PAMBAKAL“

Sebelumnya, kabar mundurnya para ketua RT secara massal ini menghebohkan warga Desa Penggalaman. Apalagi, juga sempat beredar di media sosial (medsos).

BACA JUGA : Gulirkan Program RT Mandiri, Walikota Banjarbaru Janji Realisasikan Kenaikan Insentif Ketua RT Dan RW

Ketua RT 03 Desa Penggalaman, Asul pun membenarkan adanya pengunduran diri massal tersebut. ”Benar, di Desa Penggalaman ini ada enam RT. Sedangkan yang mengajukan pengunduran diri terdapat di lima RT. Sedangkan, satu RT yang lain, kami belum tahu informasinya,” ucap Asul.

Mengenai alasan pengunduran dirinya, Asul enggan membeberkannya. Menurut dia, alasan pengunduran diri masih belum saatnya disampaikan ke publik, karena hal itu merupakan hak dirinya dan koleganya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.