Optimalisasi Pajak Air Permukaan, Komisi II DPRD Kalsel Kunjungi Samsat Batulicin

0

KOMISI II DPRD Kalsel membidangi Ekonomi dan Keuangan mendorong optimalisasi Pajak Air Permukaan (PAP). Pasalnya, potensi dari sektor tersebut mendapat target yang cukup besar untuk bisa direalisasikan pada tahun 2023.

DALAM kunjungan kerja (kunker) ke UPPD Samsat Batulicin, Tanah Bumbu, Jumat (10/3), Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, yang sekaligus memimpin rombongan, mengungkapkan, setelah mendengar paparan dari Kepala UPPD Samsat terkait target 2023. Hal ini pun, membuat legislatif harus ekstra dalam membantu mengoptimalkan capaian penerimaan.

“Kita dengar targetnya tadi tinggi sekitar Rp 4 miliar lebih. Sedangkan, capaian yang masuk triwulan I baru terealisasi sekitar Rp 170 juta lebih dan ini lah yang harus terus kami dorong,” ungkapnya.

BACA : Pajak Air Permukaan Terus Digenjot, Perusahaan Di Tanbu Dikumpulkan

Mendorong itu, jajaran legislatif turut serta menyiapkan wadah agar optimalisasi Pajak Air Permukaan (PAP) dapat tercapai.

“Sebelumnya kami sempat mengadakan rapat bekerjasama dengan Pemkab Tanbu terkait peningkatan PAP yang menghadirkan seluruh perusahaan. Tetapi, apabila mau diulang lagi dalam kegiatan sosialisasinya boleh saja tentu kita akan menggadeng pemerintah setempat untuk memaksimalkan pendatan ini,” ucap legislatif yang akrab disapa Paman Yani tersebut.

Selain itu, kedatangan mereka juga untuk membahas sejumlah capaian yang telah dilaksanakan UPT milik Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel.

BACA JUGA : Optimalkan Pajak Air Permukaan, DPRD Kalsel Sambangi Pemkab Tanbu

Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Burhanuddin, mengatakan, turut ikut andil dan berkontribusi agar pemaksimalan penerimaan Pajak Air Permukaan (PAP) khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mampu tercapai sesuai target yang telah ditetapkan Pemprov Kalsel.

“Bersama dengan Pemprov Kalsel nanti sama-sama kita usahakan agar dapat mengumpulkan sejumlah perusahaan di Tanbu,” bebernya.

Kepala UPPD Samsat Batulicin, Indra Abdillah, mengharapkan, dengan adanya kunjungan kerja ini langkah-langkah yang diambil mampu berjalan dengan maksimal. Apalagi, adanya rencana pembangunan gedung BPKB Dirlantas Polda Kalsel di Kabupaten Tanah Bumbu membuat layanan untuk wajib pajak semakin dipermudah.

“Rencananya ada di Kapet Tanbu dan bidang aset sudah menentukan titiknya. Sehingga, apapun yang dilaksanakan bisa terealisasi,” harapnya.

Kunjungan kerja (kunker) ini juga dihadiri Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Habib Musa yang juga pelaksanaannya turut diikuti perwakilan dari Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.