Dari Even BSF, Pemkot Banjarmasin Target Kain Sasirangan Tembus Pasar Nasional dan Internasional

0

INDUSTRI kain sasirangan yang sudah digenjot dalam beberapa dekade ini ditarget Pemkot Banjarmasin bisa menembus pasar nasional dan internasional.

LEWAT even tahunan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) berbiaya miliaran rupiah itu, agenda promosi kain sasirangan terus dihidupkan. Dengan cara mendatangkan para artis nasional, pejabat nasional hingga duta-duta sasirangan sebagai media promosi.

Dibuka di atas panggung apung di Siring Nol Kilometer, persisnya depan Hotel Batung Batulis, Jalan Jenderal Sudirman, BSF ke-7 tahun 2023 oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi para pejabat terasnya, Jumat (10/3/2023) malam.

Hadir pula, Staf Ahli Reformasi dan Birokrasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Raden Kurlani Ukar mewakili Menteri Sandiaga Uno serta Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah.

BACA : Boyong Dua Piala Silat Budaya, Kain Sasirangan Raih Penghargaan Internasional

Rangkaian pembukaan BSF ke-7 diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. Dilanjutkan suguhan tarian Barakat Sasirangan, kemudian show dari hasil karya terbaik pengrajin sasirangan dan ditutup oleh penampilan artis nasional, Ivan Govinda.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutan dibacakan oleh Husnul Khatimah, berharap agar BSF bisa even kalender pariwisata nasional.

“Apalagi, sekarang sudah luar biasa, karena BSF telah masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kemenparekraf.  Semoga BSF ke depan masuk dalam agenda pariwisata nasional,” ucap Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

BACA JUGA : Lestarikan Budaya Lokal, Kapolda Kalsel Wajibkan Personel Pakai Kain Sasirangan Tiap Jum’at

Dia juga mendorong BSF bisa jadi ajang mendorong pertumbuhan usaha dan pengrajin sasirangan di Kalsel, terkhusus Banjarmasin.

Menteri Sandiaga Salahuddin Uno juga mengucapkan selamat kepada BSF ke-7 yang telah berhasil masuk kedalam kalender KEN 2023, karena telah melalui tahapan seleksi ketat.

“Kami berharap ke depan BSF mendorong perkembangan industri kreatif bidang barang serta jasa sasirangan. Hal ini menjadi bagian dari perkembangan perekonomian nasional dengan menggunakan sasirangan sebagai produk yang bisama memiliki pangsa pasar,” ujar Menteri Sandiaga Uno dalam rekaman video untuk agenda pembukaan BSF ke-7 tahun 2023.

BACA JUGA : Demi Bertahan Hidup, Pengusaha Peci Sulap Kain Sasirangan Jadi Masker

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan BSF bisa masuk even kalender pariwisata nasional. Sebab, Indonesia menargetkan angka kunjungan wisata terdiri dari sebanyak 1,2 – 1,7 miliar wisatawan lokal dan 4 hingga  7 juta wisatawan asing. “Mari majukan ekonomi kreatif nasional agar dapat bisa mendunia,” ucap Sandiaga Uno.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengaku bangga karena BSF masuk dalam KEN 2023. Apalagi, dari 110 even yang ada di Indonesia, hanya ada 4 even di Kalsel yang tercover dalam KEN.

BACA JUGA : Mengaktualisasikan Ornamen Rumah Tradisional Banjar dalam Motif Kain Sasirangan

“Semoga BSF bisa memberi dampak ekonomi dan menjaga kekayaan intelektual. Semoga tahun tahun depan, even BSF bisa masuk kembali dalam KEN. Sebab, dengan BSF jadi ajqang untuk menunjukkan karya terbaik dari para pengrajin dalam membuat kain sasirangan,” imbuhanya.

“Terkhusus lagi, bagi mereka yang sudah meraih penilain terbaik dewan juri BSF, tentu harga pasaran kain sasirangan naik dan bisa dipatenkan untuk pakaian wajib pada Hari Jadi Kota Banjarmasin tahun depan,” pungkas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.