Gekrafs Kalsel Jalin Kerjasama Dengan Universitas Lambung Mangkurat Dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Lingkungan Kampus

0

GERAKAN Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) Kalsel turut serta pada Rakornas Gekrafs Nasional di Sultan Hotel Sudirman, Jakarta sejak tanggal 3-5 Maret 2023.

RAKORNAS GEKRAFS 2023 ini Menjadi forum nasional yang mempertemukan para pelaku 17 subsektor ekonomi kreatif dan Pengurus GEKRAFS dari 32 provinsi, 215 kabupaten/kota yang beranggotakan lebih dari 30.000 para pelaku ekonomi kreatif.

Dibuka oleh Prof Sufmi Dasco sebagai Ketua Dewan Penasehat, Bunda Donna Abdul Latief sebagai Ketua Dewan Pakar dan Kak Ivan Gunawan sebagai Anggota Dewan Pakar.

Sudah 4 Tahun Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS), merupakan wadah yang didirikan oleh Menteri Sandiaga Uno bersama Kawendra Lukistian beserta para pengurusnya seperti Prilly Latuconsina, Hikmal Abrar, Tika Ramlan, Laja Lapian, Yanti Adeni, Temi Sumarlin, Erwin A Soerjadi sebagai wadah inisiatif publik untuk pengembangan sektor ekraf di Indonesia.

BACA: Dengarkan Petikan Sensapi di Sabtu Ini, Rumah Oettara Hadirkan Maestro Dayak Deah Delis

GEKRAFS yang diketuai oleh Kawendra Lukistian ini sudah berusia 4 tahun, dan baru saja melakukan pertemuan akbar para pelaku ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia di Hotel Sultan pada Jumat 3 Maret 2023.

“Rakornas yang menjadi tempat komunikasi DPW dan DPC mengasah gagasan dan ide program yang akan dijalankan setahun ke depan” ujar Kawendra.

Sementara, Ketua Gekrafs DPW Kalsel Andi Fitri, menyampaikan perjalanan kerja dan realisasi program Gekrafs DPW Kalsel selama tujuh bulan pasca pelantikan.
Seperti berhasil menjalin kerjasama dengan Pondok Pesantren Darul Hijrah, tentang pengembangan ekonomi kreatif di lingkungan pesantren. Atau seperti penanda tanganan MOU antara Gekrafs Kalsel dan Universitas Lambung Mangkurat.

DPP Gekrafs tidak hanya menggelar rakornas, pada sisi yang lain DPP Gekrafs mengadakan pameran produk ekonomi kreatif. Pemaeran ini berhasil menghadirkan banyak sub-sektor ekonomi kreatif.

Pameran produk ekonomi kreatif terbesar se-Indonesia dan melibatkan banyak perwakilan provinsi, kabupaten/kota hingga pelaku ekonomi kreatif itu sendiri. Diberi tajuk Indonesian Creative economy Festival (ICREFS 2023) di FX Sudirman.

BACA JUGA: Jadi Ajang Apresiasi Ekonomi Kreatif, Festival Film Pelajar Digeber di Misbar Banjarbaru

Gekrafs DPW Kalsel juga ikut serta berpartisipasi memamerkan banyak produk ekonomi kreatif dari Kalimantan Selatan.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ekonomi kreatif adalah sektor ekonomi yang terdiri dari berbagai kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi produk dan jasa yang memiliki nilai tambah tinggi berdasarkan kreativitas, inovasi, dan intelektualitas.

Beberapa contoh kegiatan ekonomi kreatif meliputi seni, musik, desain, film, animasi, permainan video, penerbitan, dan industri kreatif lainnya.

Noval sebagai Ketua Komite RAKORNAS GEKRAFS 2023, memandang bahwa semangat Gekrafs adalah untuk memperjuangkan pelaku ekonomi kreatif mendapatkan kelayakan hidup dan juga menjadikan Indonesia yang berpotensi besar sebagai pemimpin ekonomi kreatif global.

Sejalan dengan semangat membangkitan ekonomi kreatif yang adaptif, inovatif, kolaborasi dan kreativitas, kami yakin bahwa ekonomi kreatif adalah masa depan indonesia.
Harapan Gekrafs, adalah mewujudkan sebuah ekosisten ekonomi kreatif terbaik di dunia yang memperjuangkan kesejahteraan para pelakunya.

Selain itu, Gekrafs DPW Kalsel juga menampilkan Madihin yang dibawakan oleh Syahril dan Fadil yang juga merupakan anggota Gekrafs DPW Kalsel.

Sambutan dan tepuk tangan penonton tak henti mengalir diselingi tawa saat mereka memainkan madihin tradisional hingga mempertunjukan madihin beatbox yang kekinian.

Wakil Ketua Dua Gekrafs DPW Kalsel Novyandi Saputra juga didaulat menjadi salah satu pembicara pada panel diskusi Ekraf di FX Sudirman.

Dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ini hadir pada panel yang membahas perihal karya dan produk ekraf menuju pasar global.

Disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Ketua DPP Gekrafs, Ketua Gekrafs Kalsel Andi Fitri melakukan penandatangan Kerjasama dengan Rektor Universitas Lambung mangkurat Prof Dr Ahmad di FX Sudirman Jakarta dalam rangkaian acara Rakornas dan Indonesia Creative Economy Festival 2023.

Pada acara penutupan Indonesia Creative Economy Festival 2023 sebelum pendantangan Kerjasama, Rektor ULM dan ketua DPW Gekrafs Kalsel turut serta mendampingi Menteri Parekraf RI Sandiaga S Uno mengunjungi booth-booth yang memamerkan produk ekonomi kreatifnya. Ragam produk yang dikunjungi menjadi gambaran betapa besarnya potensi ekonomi kreatif di Indonesia.

Beberapa poin Kerjasama yang dijalin antara Gekrafs DPW Kalsel dan Universitas lambung mangkurat diantaranya menghadirkan Gekrafs Kampus, membuka Pusat studi pengembangan ekonomi kreatif, workshop dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan mahasiswa melalui 17 subsektor ekonomi kreatif, membuka creative hub ULM di dalam lingkungan kampus sebagai etalase produk ekonomi kreatif ULM.

Prof Dr Ahmad meyampaikan, bahwa potensi yang muncul dari ekonomi kreatif merupakan sebuah langkah pemajuan yang luar biasa dan akan segera mampu menggantikan produk ekonomi ekstraktif di Kalimantan Selatan.

BACA LAGI: Dibuka Selama 5 Hari, Even CKB 2022 Beri Ruang bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Banjarmasin

Senada dengan itu Menteri Parekraf juga berharap sinergi Gekrafs DPW Kalsel dan ULM dapat menjadi salah satu simpul pemajuan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan.

Mendorong mahasiswa untuk menyadari potensi kreatifnya sebelum terjun bermasyarakat sehingga bisa siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat dengan basis ekonomi kreatif.

Kerjasama yang terjalin ini Sejalan dengan semangat kebangkitan ekonomi kreatif yang adaptif, inovatif, kolaborasi dan kreativitas, kami yakin bahwa ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia.

Harapan Gekrafs, adalah mewujudkan sebuah ekosisten ekonomi kreatif terbaik di dunia yang memperjuangkan kesejahteraan para pelakunya.

Diharapkan melalui Kerjasama ini bisa menjadi ruang pemajuan ekonomi kreatif di dalam kampus Univeristas Lambung Mangkurat dan memberi dampak manfaat terhadap kehidupa perekonomian di Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/09/gekrafs-kalsel-jalin-kerjasama-dengan-universitas-lambung-mangkurat-dalam-upaya-pengembangan-ekonomi-kreatif-di-lingkungan-kampus/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.