Ulang Kemenangan Pemilu 2019, PAN Target Rebut 12 Kursi DPRD Kota Banjarmasin 2024

0

KELUAR sebagai jawara Pemilu 2019 dengan menyabet 9 kursi di DPRD Kota Banjarmasin, target itu pun diperbesar lagi demi memuluskan jalan suksesi kader.

DARI lima daerah pemilihan (dapil) di Kota Banjarmasin di Pemilu 2019, rata-rata bisa merebut satu hingga tiga kursi parlemen. Seperti di dapil padat penduduk di Banjarmasin Selatan, PAN rebut tiga kursi mengantarkan tiga kadernya. Yakni, Afrizaldi, Abdul Muis dan Istiqomah duduk di DPRD periode 2019-2024.

Kemudian, disusul Banjarmasin Utara dengan 2 kursi diwakili Hj Syarifah Sakinah dan Amelia Handayani. Begitupula, Banjarmasin Barat direbut 2 kursi, sehingga Mira Farialni dan Hj Rinda Herliani bisa jadi legislator parlemen kota.

BACA : Termahal Di Banjarmasin Barat, Harga Satu Dari 45 Kursi DPRD Kota Ditebus 10 Ribu Suara Pemilih

Sisanya, satu kursi masing-masing disumbang dari dapil Banjarmasin Tengah; M Faisal Hariyadi dan Banjarmasin Timur; Harry Wijaya yang akhirnya menduduki kursi Ketua DPRD Kota Banjarmasin.

Kader-kader PAN pun meraih prestasi sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 lalu. Yakni, HM Faisal Hariyadi mendulang 6.284 suara di daerah pemilihan (dapil) 1 Banjarmasin Tengah. Disusul, Harry Wijaya dengan modal 4.206 suara di dapil 3 Banjarmasin Timur dan terakhir Afrizaldi di dapil 4 (Banjarmasin Selatan) dengan 4.823 suara.

BACA JUGA : Jumlah Pemilih Bertambah di Pemilu 2024, KPU Kota Perbanyak Sebaran TPS Di Banjarmasin

Keberhasilan PAN ini tak lepas dari mesin partai yang dimotori sang Ketua DPW PAN Kalsel, H Muhidin serta pengaruhnya yang juga mantan Walikot Banjarmasin.

Wakil Ketua DPW PAN Kalsel, Afrizaldi hakkul yakin target 12 kursi bisa direbut di Pemilu 2024, terutama di kantong-kantong suara pemilih padat, seperti dapil Banjarmasin Selatan, Utara dan Barat.

“Banjarmasin Selatan, misalkan sebelumnya dapat tiga kursi, bisa ditambah jadi empat kursi. Begitupula, di Banjarmasin Utara dan Barat, tak terkecuali di Banjarmasin Timur dan Tengah, tentunya,” ucap Afrizaldi kepada jejakrekam.com, Senin (6/3/2023).

BACA JUGA : Rebut 9 Kursi Di 2019, Tatap Pemilu 2024: PAN Pasang Target 12 Kursi Di DPRD Banjarmasin

Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kota Banjarmasin ini mengatakan pertambahan kursi di dapil Utara dari awalnya 10 kursi menjadi 11 kursi jadi incaran parpol besutan Zulkifli Hasan (Zulhas) ini.

“Begitupula, basis massa pendukung PAN di Banjarmasin Selatan bisa digarap maksimal karena sebelumnya dapat 3 kursi, bisa jadi 4 kursi,” kata Afrizaldi.

Kenapa PAN ingin merebut kursi mayoritas mengulang kejayaan Pemilu 2019? Afrizal menyebut hal ini demi bisa mengusung kader sebagai calon kepala daerah, khususnya di Kota Banjarmasin, umumnya di Kalsel.

Untuk mengingatkan, PAN mewacanakan mengusung kadernya pada Pilkada 2020 lalu yakni Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Karmila, putri H Muhidin. Bahkan, pada Pilgub Kalsel 2024, nama Wagub Kalsel H Muhidin akan diusung oleh parpol yang lahir di era reformasi itu

“Tentunya dengan hasil Pemilu 2024 yang maksimal 12 kursi, PAN bisa mengusung sendiri kader sebagai calon tanpa harus berkoalisi atau berkongsi dengan parpol lain di Pilkada 2024 nanti,” ucap Afrizal.(jejakrekam)

Pencarian populer:Hj karmila bjm,https://jejakrekam com/2023/03/06/ulang-kemenangan-pemilu-2019-pan-target-rebut-12-kursi-dprd-kota-banjarmasin-2024/,https://jejakrekam com/tag/wakil-ketua-dprd-kalsel-hj-karmila-muhidin/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.