Jelang Pemilu 2024, Rutan Tanjung Lakukan Perekaman E-KTP Bagi WBP

0

BEKERJASAMA dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Tabalong, Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Tanjung menggelar Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (4/3/2023).

BERTEMPAT di Aula GG Van Delft Rutan Kelas IIB Tanjung, perekaman data bagi warga binaan ini dilakukan oleh petugas perekaman Disdukcatpil setempat.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Boy Irfan Arslan mengatakan, selain perekaman data, Disdukcapil Tabalong juga memberikan layanan cetak KTP Elektronik bagi WBP yang E KTP sudah rusak ataupun hilang.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Tabalong atas tindak lanjutnya dari koordinasi untuk perekaman data E KTP bagi WBP,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan upaya pihaknya dalam memastikan diperolehnya hak suara warga binaan dalam pemilu serentak tahun 2024 nanti. “Hal ini sesuai arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam pemenuhan hak suara bagi warga binaan,” ucapnya.

Karutan menambahkan, bahwasannya NIK merupakan hal yang sangat penting bagi warga binaan sehingga nantinya dapat memudahkan dalam mengikuti berbagai macam proses pembinaan.

Sementara itu, Kepala Disdukcatpil Tabalong Rowi Rawatiance mengatakan Setiap warga negara Indonesia itu mempunyai hak dalam memilih, salah satu syarat memilih yaitu sudah memiliki KTP Elektronik.

“Dan ini merupakan tugas Disdukcapil dalam memberikan pelayanan perekaman KTP elektronik ini untuk memenuhi hak warga binaan,” jelasnya.

Tampak sejumlah warga binaan secara tertib bergantian melakukan perekaman KTP Elektronik dengan dibantu oleh Petugas Disdukcapil dan Petugas Rutan Tanjung.

Dari jumlah seluruh warga binaan sebanyak 210 orang, hanya 193 orang yang ditemukan data NIK. Sedangkan, sebanyak 17 orang tidak ditemukan data NIK sehingga pada kesempatan ini dilakukan perekaman dan penelusuran data.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.