Ini Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota se-Kalsel di Pemilu 2024 Berdasar PKPU 6/2023

0

KETUA KPU RI Hasyim Asy’ari telah menerbitkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024, telah ditetapkan ketentuannya.

BELIED ini ditetapkan pada 6 Februari 2023 di Jakarta, kemudian diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna H Laoly pada Berita Negara RI Tahun 2023 Nomor 137, memuat 181 halaman itu.

Lantas berapa alokasi kursi yang harus diperebutkan para calon legislatif (caleg) dari 18 parpol untuk 13 kabupaten/kota se-Kalsel berdasar PKPU Nomor 6/2023 itu?

BACA : Termahal di Banjarmasin Barat, Harga Satu dari 45 Kursi DPRD Kota Ditebus 10 Ribu Suara Pemilih

Ada 35 kursi di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang akan diperebutkan di Pemilu 2024. Sebaran dapilnya dalam 4 dapil yakni Pelaihari dan Bajuin (dapil Tala 1) menyediakan 10 kursi. Kemudian, dapil Tala 2 (Jorong, Kintap, dan Batu Ampar) ada 10 kursi. Lalu, Tala 3 dengan 9 kursi parlemen (Takisung, Kurau, Panyipatan dan Bumi Makmur), terakhir Tala 4 (Bati-Bati dan Tambang Ulang) tersedia 6 kursi.

Berlanjut ke Kotabaru dibagi dalam 4 dapil memperebutkan 35 kursi DPRD. Yaitu, dapil Kotabaru 1 terbanyak dengan 12 kursi (Pulau Laut Timur, Pulau Sebuku, Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam). Sementara, dapil Kotabaru 2 meliputi Pulau Sembilan, Pulau Laut Barat, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Tengah, Pulau Laut Kepulauan dan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Berlanjut ke dapil Kotabaru 3 (Pamukan Selatan, Sampanahan, Pamukan Utara, Sungai Durian dan Pamukan Barat) diperebutkan 6 kursi DPRD. Terakhir dapil Kotabaru 4 (Kelumpang Selatan, Kelumpang Hulu, Kelumpang Tengah, Kelumpang Utara, Hampang, Kelumpang Hilir dan Kelumpang Barat) menyediakan 10 kursi dewan.

BACA JUGA : Banjarmasin Masih Dapil Kalsel 1, Ini Alokasi 55 Kursi DPRD Kalsel Diincar 18 Parpol Kontestan Pemilu 2024

Terbanyak adalah 45 kursi di DPRD Kabupaten Banjar yang akan diperebutkan di 5 dapil. Yakni, dapil Banjar 1 (Martapura) tersedia 10 kursi. Lalu, Banjar 2 (Karang Intan, Astambul, Aranio, Martapura Timur), ada 9 kursi diperebutan. Berlanjut, Banjar 3 dengan 8 kursi tersebar di Kecamatan Aluh-Aluh, Gambut, Beruntung Baru dan Tatah Makmur. Kemudian, dapil Banjar 4 (Kertak Hanyar, Sungai Tabuk dan Martapura Barat) menyediakan 9 kursi parlemen. Terakhir, Banjar 5 ada 9 kursi parlemen tersedia diperebutkan di Kecamatan Simpang Empat, Pengaron, Sungai Pinang, Mataraman, Sambung Makmur, Paramasan, Telaga Bauntung dan Cintapuri Darussalam.

BACA JUGA : Penduduk Kalsel Tak Bertambah, Ini Jumlah Kursi DPRD Kabupaten/Kota Diperebutkan di Pemilu 2024

Sementara itu, ada 35 kursi di DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola) diperebutkan di Pemilu 2024 terbagi dalam 5 dapil. Yakni, Batola 1 dengan 7 kursi mencakup Kecamatan Bakumpai, Kuripan, Tabukan, Barambai, dan Marabahan. Sedangkan, Batola 2 dengan 7 kursi terdapat di Mandastana, Rantau Badauh, Belawang, Cerbon dan Jejangkit.

Menariknya, Kecamatan Alalak yang merupakan kawasan terdapat di Batola menyediakan 7 kursi (dapil Batola 3). Sedangkan, dapil Batola 4 (Tabunganen, Tamban, Mekarsari) tersedia 8 kursi wakil rakyat dan dapil Batola 5 (Anjir Pasar, Anjir Muara, Wanaraya) akan memperebutkan 6 kursi parlemen.

BACA JUGA : Bukan Berstatus Ibukota Provinsi, Banjarmasin Tak Lagi Dapil Kalsel 1 di Pemilu 2024

Paling sedikit kursi DPRD tersedia di Kabupaten Tapin hanya 25 kursi terbagi dalam 3 dapil. Yakni, 7 kursi di dapil Tapin 1 (Tapin Utara, Piani, Bungur dan Lokpaikat), Tapin 2 dengan 10 kursi berada di Binuang, Tapin Selatan, Salam Babaris, dan Hatungun. Terakhir, Tapin 3 dengan 8 kursi (Tapin Tengah, Candi Laras Utara, Candi Laras Selatan dan Bakarangan).

Tetangganya; DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) tersedia 30 kursi dibagi dalam 3 dapil. Alokasinya, HSS 1 (Sungai Raya, Kandangan, Simpur dan Kalumpang) dengan terbanyak 11 kursi. Kemudian, HSS 2 (Padang Batung, Telaga Langsat, Angkinang dan Loksado) dengan 8 kursi, Kursi terbanyak lagi berasal dari HSS 3 dengan 11 kursi tersebar di Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat.

BACA JUGA Hanya 3 Pemilu Penuhi Standar, Pakar Tata Negara ULM Sebut Parpol Sudah Tak Demokratis

Alokasi 30 kursi juga disediakan di DPRD Hulu Sungai Tengah (HST) pada Pemilu 2024 dibagi dalam 5 dapil. Rinciannya, HST 1 (Barabai) tersedia 6 kursi, HST 2 (Batu Benawa dan Hantakan) dengan 4 kursi, kemudian dapil HST 3 (Haruyan dan Labuan Amas Selatan) dengan  6 kursi. Berikutnya, HST 4 dengan 7 kursi (Labuan Amas Utara dan Pandawan) dan terakhir HST 5 juga 7 kursi tersedia di Kecamatan Batang Alai Selatan, Utara, Timur dan Limpasu.

Sementara itu, di DPRD Hulu Sungai Utara (HSU) juga menyediakan 30 kursi diperebutkan di 4 dapil. Yakni, HSU 1 (Amuntai Tengah dan Banjang) tersedia 9 kursi, HSU 2 (Sungai Pandan dan Sungai Tabukan) serta HSU 3 (Danau Panggang, Babirik, dan Paminggir) sama-sama tersedia 6 kursi. Berikutnya, HSU 4 ada 9 kursi di Kecamatan Amuntai Selatan, Amuntai Utara dan Haur Gading.

BACA JUGA : Kalsel Terbanyak Kedua Kursi DPR Di Kalimantan, Ini Alokasi Kursi Dan Pembagian Dapil Di Pemilu 2024

Berikutnya lagi, di DPRD Tabalong tersedia 30 kursi terbagi dalam 4 dapil. Yaitu, Tabalong 1 (Tanta dan Tanjung) serta Tabalong 2 (Banua Lawas, Kelua, Muara Harus, dan Pugaan) sama-sama menyediakan 7 kursi. Sedangkan, 9 kursi terbanyak ada di dapil Tabalong 3 (Haruai, Muara Uya, Upau, Jaro dan Bintang Ara). Sementara, Murung Pudak tersedia 7 kursi parlemen edisi Pemilu 2024 masuk dapil Tabalong 4.

Di DPRD Balangan memperebutkan 25 kursi terbagi pada 3 dapil. Terbanyak di dapil Balangan 1 (Lampihong, Paringin dan Paringin Selatan) dengan 10 kursi. Balangan 2 (Juai dan Halong) dengan 7 kursi. Terakhir, Balangan 3 (Awayan, Batu Mandi, Tebing Tinggi) tersedia 8 kursi.

BACA JUGA : Anggaran KPU-Bawaslu Naik 3 Kali Lipat, Honor Penyelenggara Pemilu 2024 Gede

Bergeser ke daerah pesisir Kalsel. Ada 35 kursi tersedia di DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) dibagi dalam 4 dapil. Yakni, Tanbu 1 dengan 11 kursi (Batulicin dan Simpang Empat), Tanbu 2 tersedia 8 (Kusan Hilir, Sungai Loban dan Kusan Tengah). Jumlah kursi yang sama 8 wakil rakyat juga tersedia di Tanbu 3 (Satui dan Angsana) dan Tanbu 4 (Kusan Hulu, Karang Bintang, Mentewe, Kuranji dan Teluk Kepayang).

Sementara itu, ibukota Kalsel baru yakni Banjarbaru menyediakan 30 kursi dibagi dalam 4 dapil. Sebarannya, Banjarbaru 1 (Banjarbaru Utara dan Selatan) tersedia 12 kursi wakil rakyat. Paling sedikit di Banjarbaru 2 (Cempaka) hanya 4 kursi, Banjarbaru 3 (Liang Anggang) juga hanya 5 kursi dan terakhir Banjarbaru 4 (Landasan Ulin) ada 9 kursi diperebutkan.

BACA JUGA: Jumlah Pemilih Bertambah di Pemilu 2024, KPU Kota Perbanyak Sebaran TPS Di Banjarmasin

Terakhir adalah parlemen kota terpadat di Kalsel yakni Banjarmasin. Parlemen kota ini menyediakan 45 kursi terbagi dalam 5 dapil. Yakni, Banjarmasin 1 (Banjarmasin Tengah) dengan 6 kursi, Banjarmasin 2 dengan 11 kursi (Banjarmasin Utara), dapil Banjarmasin 3 (Banjarmasin Timur) hanya 8 kursi. Terbanyak ada 11 kursi di Banjarmasin Selatan (Banjarmasin 4) dan terakhir 9 kursi di Banjarmasin Barat (dapil 5).(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.