HUT Satpol PP Dan Damkar Provinsi Kalsel, Laksanakan Donor Darah Dan Lomba Ketangkasan

0

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar kegiatan donor darah dan lomba ketangkasan (skill Competition) pada Jumat (3/3/2023).

KEGIATAN tersebut digelar dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Satpol PP Ke-73, Satlinmas Ke-61 dan Pemadam Kebakaran Ke-104.

Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel Zakly Aswan mengatakan, lomba ketangkasan pemadam kebakaran dan donor darah dipilih untuk memeriahkan puncak HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar, sebagai wujud kepedulian jajarannya terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan.

BACA: Karhutla Menjadi Perhatian Serius Pemprov Kalsel, Pencegahannya Harus Permanen

“Sebagaimana arahan bapak gubernur, kita tidak menginginkan peringatan HUT ini sekedar seremonial, tapi harus memberikan manfaat bagi orang lain,” ujar Zakly di sela-sela kegiatan.

Donor darah yang dilaksanakan di depan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, diikuti sekitar 153 pendaftar, terdiri dari anggota Satpol PP dan Damkar serta karyawan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel.

Sekilas tentang Satpol PP, satuan ini didirikan di Yogyakarta pada tanggal 3 Maret 1950, untuk mewadahi sebagian ketugasan pemerintah daerah. Pada tanggal 10 November 1948, lembaga ini berubah menjadi Detasemen Polisi Pamong Praja.

BACA JUGA: Ada Japin Hingga Mamanda, Malam Seni Budaya Banjar Sekenceng Kalsel Berlangsung Sangat Meriah

Di Jawa dan Madura Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk tanggal 3 Maret 1950. Inilah awal mula terbentuknya Satpol PP dan ditetapkan sebagai hari jadi.

Adapun organisasi Damkar ditetapkan tanggal 1 Maret 1919 sekaligus sebagai hari jadi. Damkar merupakan unsur pelaksana dari pemerintah yang memiliki tanggung jawab membantu masyarakat dalam penanganan kebakaran.

Selain melakukan pemadaman api, petugas damkar juga dilatih untuk melakukan evakuasi seperti penyelamatan korban kecelakaan, bencana alam dan evakuasi gawat darurat lainnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/04/hut-satpol-pp-dan-damkar-provinsi-kalsel-laksanakan-donor-darah-dan-lomba-ketangkasan/
Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.