Siap Diuji Tertulis dan Psikotes, 69 Pelamar Kursi Komisioner KPU Kalsel Lulus Seleksi Administrasi

0

PEREBUTAN 20 besar, kemudian diperas lagi untuk mendapat 10 besar yang berhak menduduki posisi 5 komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan periode 2023-2028, memasuki babak penyaringan.

TIM Seleksi Calon Anggota KPU Kalsel diketuai Kamrani Buseri dan sekretarisnya, Muhammad Fauzi Makki mengeluarkan pengumuman hasil penelitian administrasi bakal calon komisioner.

Pengumuman bernomor 017/TIMSELPROV.GEL.1-Pu/02/2023, tanggal 1 Maret 2023 menetapkan ada 69 pelamar yang lulus dan berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Menariknya, dalam formasi para peminat kursi komisioner KPU Kalsel itu didominasi wajah lama. Termasuk pula, banyak komisioner KPU kabupaten/kota se-Kalsel yang turut mengincarnya.

Seperti calon incumbent dari KPU Kalsel; Nurzazin, Hatmiati Masy’ud, Edy Ariansyah, Siswandi Reya’an masuk dalam daftar. Dari kalangan komisoner Bawaslu Kalsel pun ikut meramaikan kontestasi; seperti Azhar Ridhanie (Ketua Bawaslu Kalsel), Nur Kholis Majid yang akan mengakhiri masa tugasnya pada pertengahan 2023.

BACA : Masa Komisioner KPU Kalsel Berakhir 24 Mei 2023, Didominasi ULM-UIN Antasari, Ini 5 Timsel Terpilih!

Ada beberapa komisioner KPU kabupaten/kota, seperti Rahmiaty Wahdah (Ketua KPU Banjarmasin), Hegar Wahyu Hidayat (Ketua KPU Banjarbaru), Rina Mei Saputra (Ketua KPU HSU), Nida Guslaili Rahmadina (Ketua KPU HSS), Muhaimin (Ketua KPU Kabupaten Banjar), Johransyah (Ketua KPU Hulu Sungai Tengah), Zainal Abidin (Ketua KPU Kotabaru), serta sederet nama seperti Sulkan (birokrat Pemprov Kalsel), dan akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat; Andi Tenri Sompa dan Mahyuni. Ada pula, nama-nama komisioner lama; seperti Iwan Setiawan, Erna Kasypiah dan lainnya turut meramaikan bursa kandidat.

Anggota Timsel Calon Anggota KPU Kalsel, Varinia Pura Damaiyanti mengatakan dari pengumuman hasil penelitian administrasi tersaring dari 73 pelamar, hanya 69 orang yang lulus dan berhak mengikuti ujian tertulis dan psikotes.

BACA JUGA : Petahana Kembali Ikut Seleksi, Tersedia 5 Kursi Komisioner KPU Kalsel Diincar 73 Pelamar

“Untuk ujian tertulis CAT akan dilaksanakan di Politeknik Banjarmasin (Poliban) di Komplek Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kayutangi, Banjarmasin. Sedangkan, psikotes belum diketahui tempatnya, karena masih menunggu kesiapan pihak TNI AD,” ucap Varinia kepada jejakrekam.com, Kamis (2/3/2023).

Menurut dia, dari 69 yang lulus dan mengikuti tahapan tes tertulis dan psikotes akan disaring lagi guna mendapat 20 besar. “Mereka yang dinyatakan lulus dan masuk 20 besar akan menjalani tes wawancara dan tes kesehatan,” kata akademisi FISIP ULM ini.

BACA JUGA : Berakhir Juni 2023, Seleksi Dibagi 2 Satker, Ini Formasi 10 Timsel Komisioner KPU Kabupaten/Kota Di Kalsel!

Masih kata Varinia, begitu tersaring maka akan didapat 10 nama yang masuk 10 besar untuk diajukan ke KPU RI. Tahapan 10 besar ini menentukan lima komisoner terpilih dan lima komisioner yang jadi cadangan pengganti antar waktu (PAW) berdasar hasil uji kepatutan dan kelayakan.

“Jadi, kewenangan untuk uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) ditangani langsung oleh KPU RI di Jakarta,” tandas Varinia.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/02/siap-diuji-tertulis-dan-psikotes-69-pelamar-kursi-komisioner-kpu-kalsel-lulus-seleksi-administrasi/,Psikotes kpu
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.