Kali Ketiga Batola Raih Adipura, Pj Bupati : Ucap Syukur

0

KABUPATEN Barito Kuala (Batola) kembali meraih Piala Adipura, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

BAGI Batola, ini menjadi Piala Adipura ketiga yang diraih, yakni sebelumnya pada tahun 2017 dan 2018. Disamping itu, Batola juga pernah menyabet piala penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Piala Adipura ini sendiri merupakan piala adipura untuk Tahun 2022, yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala Mujiyat di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

BACA: Gagal Bawa Pulang Piala Adipura, Akui Soal Sampah Belum Beres, Kepala DLH Banjarmasin Minta Maaf

Didampingi Sekretaris Daerah Zulkipli Yadi Noor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batola Fahriana, serta para Camat di Batola. Piala Adipura yang diraih, diterima langsung oleh Pj Bupati Batola, bersama 81 kabupaten/kota se-Indonesia lainnya. Untuk Batola sendiri meraih Piala Adipura dalam kategori Kota Kecil.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam sambutannya menginginkan, Adipura menjadi koridor pembangunan daerah yang berlandaskan lingkungan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan. “Dalam urusan pembinaan dan pembangunan kemasyarakatan, Adipura bisa jadi koridor yang cukup baik,” ujarnya.

Siti menjelaskan, Program Adipura sebagai instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) di Indonesia. Jadi, Adipura punya nilai yang sangat mendasar.

BACA JUGA: Mujiyat Jadi Pj Bupati Barito Kuala, Ketua DPRD Batola Pesan Tata Pemerintahan ke Arah Lebih Baik

Sekedar diketahui, penilaian Adipura telah dilakukan mulai 4 dan 5 November 2022 lalu pada 37 titik di Batola. Termasuk di antaranya kantor desa, kantor kecamatan hingga dua sekolah yang dinilai oleh tim penilai dari Kementerian.

Selepas menerima piagam Adipura ini, Pj Bupati Mujiyat menyampaikan rasa syukurnya dan terimakasih kepada seluruh pihak yang berperan hingga Batola bisa meraih Adipura ke-tiga ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.