Kali Benawa Meluap Merendam 2 Desa Diguyur Hujan, Sebagian Wilayah Kota Barabai Kembali Diserbu Banjir

0

TINGGINYA curah hujan yang turun beberapa hari belakangan ini, membuat sejumlah kawasan dilanda banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, Sabtu (25/2/2023) sore.

ALHASIL, daya muat Kali Benawa yang merupakan hulu dari Sungai Barabai tak mampu lagi menampungnya, hingga meluap dan menyerbu pemukiman warga, terutama di dataran rendah di Kabupaten HST.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HS, Budi Haryanto mengakui banjir melanda sejak Sabtu (26/2/2023), dengan ketinggian air bervariasi antara 10 hingga 40 centimeter.

“Banjir ini melanda Desa Aluan Besar, Kecamatan Batu Benawa. Kemudian di Desa Haruyan, Kecamatan Haruyan dengan ketinggian air kurang lebih 30 centimeter,” ucap Budi Haryanto kepada jejakrekam.com.

BACA : Banjir Barabai dan Sekitarnya Tak Terulang Lagi, Ini Solusi dari Eks Wabup HST

Meski air berangsur-angsur surut, Budi tetap mengingatkan warga untuk tetap waspada walau situasi dan kondisi sudah aman terkendali.

Budi mengungkapkan luapan Sungai Barabai yang juga membelah ibukota Kabupaten HST juga berdampak di beberapa ruas jalan protokol Kota Barabai. Di antaranya, Jalan Hasan Basri (Kecamatan Barabai Timur), Jalan Pasar 2 (Barabai Selatan).

BACA JUGA : Kenapa Kota Barabai dan Sekitarnya Selalu Langganan Banjir? Ini Beragam Pendapat Warga HST

“Dengan kondisi cuaca yang cenderung kurang bersahabat, kami selalu siap siaga. Terutama, membantu warga yang terdampak banjir,” ucap Budi.

Syukurnya, dalam kondisi terus didera banjir berulang-ulang, Budi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kali ini. “Semoga saja, banjir cepat reda ditandai dengan turunnya air berangsur-angsur dan tidak ada turun hujan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.