Dikunjungi Kadin Jateng-Semarang, Banjarmasin Tawarkan Potensi Pelabuhan Khusus dan Properti

0

ANJANGSANA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang di Kota Banjarmasin, dimanfaatkan Pemkot Banjarmasin guna menawarkan kerja sama.

STAF Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Walikota Banjarmasin, Lukman Fadlun saat bertemu rombongan Kadin Jawa Tengah dan Semarang di Rumah Anno 1925, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin, Kamis (22/2/2023) mengungkap potensi kota.

“Saat ini, kawasan Banjarmasin Selatan tenga dikembangkan sebagai wilayah pelabuhan khusus. Sedangkan, Banjarmasin Utara dengan ketersediaan lahan bisa dijadikan kawasan hijau dan perumahan (properti),” ucap mantan Kabag Hukum Setdakot Banjarmasin ini.

Ketua Kadin Kota Semarang, Arzanas Agung pun tertarik dengan paparan potensi di Kota Banjarmasin. Terlebih lagi, saat ini, ibukota Jawa Tengah ini terus berbenah usai dilanda pandemi Covid-19.

BACA : Dikuatkan RDTR, Mantuil Resmi Jadi Kawasan Pengembangan Industri Terpadu Banjarmasin

“Pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang mengalami kontraksi ini mencapai minus 1,6 persen saat pandemi. Untungnya, begitu memasuki 2021, sudah terjadi pertumbuhan ekonomi hampir 2 persen,” kata Arzanas.

Rombongan didampingi Ketua Kadin Provinsi Kalsel, Hj Shinta Laksmi Dewi bersama Ketua Kadin Kota Banjarmasin, Muhammad Akbar, para tamu dipimpin Ketua Kadin Provinsi Jawa Tengah, Harry Nuryanto Soediro, menjajaki potensi kerja sama yang ada di Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Golkan RDTR Mantuil, Pemkot Banjarmasin Ajukan Rancangan Perwali ke Kementerian ATR/BPN

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) juga tertarik untuk mengembangkan kawasan wisata Kota Lama di Jalan HM Hasanuddin, Banjarmasin. Hal ini dikatakan Kepala Deputi Senior Bank Indonesia, Desty Damayanti usai bertandang ke kawasan kongkow-kongkow anak muda di Bandarmasih Tempo Doeloe.

“Destinasi wisata kuliner di Kota Lama ini ternyata rata-rata dikelola para anak muda. Apalagi, punya taste anak-anak muda dengan konsep kekinian,” ucap Desty.

Dia memastikan akan segera menyalurkan program sosial BI untuk mengembangkan Kota Lama Banjarmasin menjadi kawasan kreatif produktif.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.