Berakhir Juni 2023, Seleksi Dibagi 2 Satker, Ini Formasi 10 Timsel Komisioner KPU Kabupaten/Kota di Kalsel!

0

TINGGAL hitungan bulan, masa jabatan komisioner KPU kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan akan berakhir pada Juni 2023 mendatang, KPU RI tengah menyiapkan proses seleksi baru.

KETUA KPU RI Hasyim Asy’ari menerbitkan pengumuman bernomor 4/SDM.12-PU/04/2023 tentang Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU pada 118 Kabupaten/Kota di 15 Provinsi periode 2023-2028, tanggal 24 Februari 2023.

Penetapan timsel KPU kabupaten/kota itu berdasar keputusan KPU Nomor 118 Tahun 2023 yang membagi masing-masing provinsi untuk proses rekrutmen atau seleksi dibagi dalam dua atau tiga satuan kerja (satker).

Timsel ini akan bekerja untuk menjaring dan menyaring para komisioner KPU yang dicari di masing-masing 118 kabupaten/kota di 15 provinsi se-Indonesia terhitung pada Maret hingga April 2023, berdasar keputusan Ketua KPU RI tersebut. Untuk diketahui, masing-masing formasi calon komisioner yang dicari di KPU kabupaten/kota di Kalsel adalah lima orang.

BACA : Masa Komisioner KPU Kalsel Berakhir 24 Mei 2023, Didominasi ULM-UIN Antasari, Ini 5 Timsel Terpilih!

“Kepada masyarakat yang mengetahui penetapan keanggotaan Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota dapat memberi masukan dan informasi mengenai rekam jejak calon timsel dengan menggunakan formulir yang dapat diunduh melalui link https://bit.ly/formtanggapantimselgel2 sampai dengan 26 Februari 2023 dan dikirimkan ke email [email protected],” begitu penegasan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam pengumumannya.

Untuk timsel KPU kabupaten/kota di Kalsel dibagi dalam 2 Satker. Yakni, wilayah Satker Provinsi Kalsel 1 terdiri dari KPU Kabupaten Balangan, Banjar, Barito Kuala (Batola), Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST) dan Hulu Sungai Utara (HSU). Terakhir, KPU Kabupaten Tabalong (meski tak tercantum dalam pengumuman Ketua KPU RI).

BACA JUGA : Anggaran KPU-Bawaslu Naik 3 Kali Lipat, Honor Penyelenggara Pemilu 2024 Gede

Timsel yang telah ditetapkan Ketua KPU RI masih didominasi para akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan UIN Antasari. Formasinya adalah Anang Sophan Tornado (dosen Fakultas Hukum ULM), guru besar ilmu fiqih UIN Antasari Banjarmasin; Prof  Hj Masyitah Umar, dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM; Yunandar, kemudian akademisi FISIP ULM; Yusuf Hidayat dan terakhir Wahyu (dosen hukum pidana STIH SUltan Adam Banjarmasin).

BACA JUGA : Petahana Kembali Ikut Seleksi, Tersedia 5 Kursi Komisioner KPU Kalsel Diincar 73 Pelamar

Sementara itu, untuk Satker Provinsi Kalsel 2 akan menyeleksi calon anggota KPU Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. Timsel yang telah ditunjuk Ketua KPU RI itu masih berasal dari para akademisi dua kampus ternama di Banjarmasin, Kalsel.

Mereka adalah Muhammad Rasyid (UIN Antasari), Syaifudin (doktor sosiologi hukum pascasarjana UIN Antasari), akademisi Fakultas Kehutanan ULM; Sunardi dan dosen Fakultas Hukum ULM; Yusna Zaidah serta Zainal Fikri yang merupakan peneliti pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.