Lengkapi 7 Program Studi Unggulan, Fakultas Teknik ULM Buka 2 Prodi Baru; Rekayasa Elektro dan Geologi  

1

FAKULTAS Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berbasis di Jalan A Yani Km 35,5 Banjarbaru kini menambah dua program studi (prodi) baru di kampusnya. Praktis, saat ini ada 9 prodi yang diampu kampus pencetak para sarjana ‘engineering’ tersebut.

DUA prodi baru itu adalah rekayasa elektro dan rekayasa geologi. Dua prodi ini melengkapi tujuh prodi andalan sebelumnya yakni teknik sipil, arsitektur, teknik mesin, teknik kimia dan teknik lingkungan, teknologi informasi dan teknik pertambangan.

Selain untuk program pendidikan sarjana (S1), Fakultas Teknik ULM juga membuka dua program pascasarjana (S2); magister teknik sipil dan magister teknik kimia, hingga satu program pendidikan insinyur. Menariknya, saat ini, Fakultas Teknik ULM juga tengah mengusulkan Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs).

Pembukaan dua prodi baru di Fakultas Teknik ULM ini setelah mengantongi Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 865/E/0/2022, tanggal 22 November 2022 untuk pembukaan prodi sekaligus penerimaan mahasiswa baru rekayasa elektro. Sedangkan, untuk prodi Rekayasa Geologi mengantongi SK Kemendikbudristek Nomor 779/E/0/2022, tanggal 19 Oktober 2022 lalu.

BACA : Cetak 1.978 Dokter, Fakultas Kedokteran ULM Luluskan 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Terbaik

“Untuk dua prodi baru di Fakultas Teknik ULM, masing-masing akan menerima 30 mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024,” kata Dekan Fakultas Teknik ULM, Prof Dr Iphan Fitrian Radam kepada jejakrekam.com, Jumat (24/2/2023).

Dia menjelaskan pembukaan dua prodi baru itu menjawab kebutuhan sesuai kebutuhan dunia kerja serta pengembangan keilmuan hingga kearifan lokal yang ada di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. Khususnya, soal rekayasa elektro atau kelistrikan dan geologi.

BACA JUGA : Diasesmen Tim Kemendikbudristek, ULM Segera Buka Prodi Doktor Administrasi Pendidikan

Dalam brosur yang diterbitkan pihak kampus, peluang beasiswa bagi mahasiswa baru terbuka, di antaranya lewat program kartu pintar Indonesia kuliah (KIP-K), Bank Indonesia, Adaro-IBFL, afirmasi Dikti, Baznas Provinsi Kalsel, Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia dan sumber beasiswa lainnya.

“Untuk ketersediaan para dosen tetap atau tenaga pendidikan, termasuk dosen luar biasa sudah tersedia bagi dua prodi baru itu. Termasuk, fasilitas laboratorium elektro dan geologi serta lainnya,” kata Ipham.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Dr Iwan Aflanie mengungkapkan untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 terdiri atas Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi secara mandiri oleh masing-masing PTN.

BACA JUGA : Penuhi SDM Nakes, Fakultas Kedokteran ULM Buka 6 Program Pendidikan Dokter Spesialis

“SBNP mulai pembuatan akun SNPBM-BPPP pada 16 Januari-15 Februari 2023, penetapan siswa eligible 3 Januari-8 Februari 2023, pengisian PDSS 9 Januari 2023 hingga 9 Februari 2023, dan pendaftaran SNBP pada 14-28 Februari 2023, serta pengumuman hasil SNBP pada 28 Maret 2023,” papar mantan Dekan Fakultas Kedokteran ULM ini.

Masih menurut Iwan, SNBP akan digelar pada 28 Maret 2023 mendatang. Kemudian, untuk SNBT mulai pembuatan akun SNPMB-BPPP pada 16 Februari hingga 3 Maret 2023, berlanjut pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) pada 23 Maret sampai pada 14 April 2023.

BACA JUGA : Target 100 Guru Besar Tak Tercapai di Era Sutarto Hadi, Jadi Tugas Rektor ULM Terpilih

Berlanjut, pelaksanaan UTBK gelombang 1 pada tanggal 8- 14 Mei 2023. Berikutnya, UTBK gelombang 2 dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023. Hingga puncaknya, pengumuman hasil pada 20 Juni 2023, serta ada masa unduh sertifikat UTBK 26 Juni hingga 31 Juli 2023.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/24/lengkapi-7-program-studi-unggulan-fakultas-teknik-ulm-buka-2-prodi-baru-rekayasa-elektro-dan-geologi/,https://jejakrekam com/tag/prof-dr-iphan-fitrian-radam/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi
1 Komentar
  1. langgi berkata

    makasih ka, semoga sehat selalu

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.