Tanggap Cepat Pemkot Banjarbaru Tangani Warga Terdampak Banjir Di 3 Kecamatan

0

HUJAN yang mengguyur dengan intensitas tinggi sejak sore, mengakibatkan beberapa wilayah Kota Banjarbaru terendam, Rabu (22/2/2023).

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarbaru dalam penanganannya di lapangan berhasil meminimalisir resiko serta dampak yang semakin meluas.

Diperkirakan hujan yang telah berlangsung sejak sore menyebabkan terjadinya banjir di Kota Banjarbaru, maupun di Kabupaten Banjar. Luapan air sungai yang telah pasang sebagaimana perkiraan BMKG, turut meluap membanjiri sebagian pemukiman rumah warga dan fasilitas umum.

Tak butuh waktu lama, tanggap Pemkot Banjarbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung menerjukan seluruh personilnya di lokasi-lokasi terdampak, untuk melakukan tindakan cepat dan tepat. Termasuk evakuasi prioritas bagi kalangan lanjut usia dan anak-anak.

BACA: Diguyur Hujan Lebat Seharian, Sejumlah Wilayah di Banjarbaru Tergenang Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru Zaini Syahranie melaporkan, sebanyak 1.528 jiwa yang terdampak musibah banjir di Kota Banjarbaru. Cakupan areanya melingkupi 3 kecamatan, yakni di Landasan Ulin, Cempaka dan Banjarbaru Selatan.

“Sebagaimana arahan Walikota, BPBD dibantu relawan mengerahkan upaya maksimal. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Air juga sudah surut sejak pukul 8 malam tadi. Namun kita akan tetap waspada jika terjadi banjir susulan,” ucap Zaini.

Perihal warga yang diungsikan akibat tempat tinggalnya terdampak Banjir, BPBD Banjarbaru memastikan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan. Hal ini, katanya juga didukung dengan kesiapan SKPD Pemkot Banjarbaru yang terlibat.

“Pada intinya semuanya bersatu, bersama-sama dalam penanganan musibah banjir hari ini. PMI juga terjun ke lokasi-lokasi banjir memberikan pertolongan pertama kepada warga terdampak,” terang Zaini.

Tidak hanya BPBD Banjarbaru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru melalui tim PSC juga turut mengerahkan petugasnya untuk memberikan layanan kesehatan di lapangan. Pemeriksaan awal dilakukan untuk memastikan tidak adanya cidera atau luka yang dialami warga yang terdampak.

Dapur umum Dinas Sosial Kota Banjarbaru.

Bersamaan dengan itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarbaru juga telah mendirikan dapur umum pada Rabu malam. Dalam hal ini, Kepala Dinsos Banjarbaru, Rokhyat Riyadi mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD dan kelurahan setempat untuk menyalurkan bantuan makanan siap saji.

“Kurang lebih untuk malam ini kita siapkan seribu bungkus. Yang nantinya juga akan kita lanjutkan kembali pada besok pagi. Sembari kita masih meminta data jumlah warga terdampak di di wilayah lainnya,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.