DPRD Kalsel Upayakan Pemenuhan Daging Sapi Jelang Ramadhan dan Idul Adha

0

KOMISI II DPRD Kalsel menyambangi Jatim sebagai salah satu gudang ternak berskala nasional, sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan sapi potong di Kalsel jelang memasuki bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha, beberapa bulan mendatang.

DIWAKILI Fahrani sebagai ketua rombongan serta Norfajeri dan Iberahim Noor, menggandeng Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) provinsi Kalsel bertandang ke Dinas Peternakan Provinsi Jatim.

Menurut Fahrani, Kalsel mempunyai pengalaman yang kurang baik pada tahun lalu, dimana kebutuhan sapi potong di Kalsel tidak tercukupi, akibatnya harga sapi potong melonjak tajam, hal itu disebabkan oleh kebijakan larangan mendatangkan sapi potong dari luar daerah karena sedang maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Kebutuhan sapi pada Idul Adha yang lalu mencapai 5000 ekor sapi, akan tetapi kemampuan peternak di daerah kita hanya mampu menyediakan sekitar kurang lebih 2000 ekor saja, yang mengakibatkan melonjaknya harga sapi,” ungkap politisi muda PDIP tersebut.

Lebih lanjut Fahrani menjelaskan, kedatangan pihaknya kali ini beserta rombongan Disbunak Kalsel, adalah untuk menyiapkan ketersediaan sapi potong, jelang Ramadhan, Idul Fitri serta Idul Adha mendatang.

Menanggapi permasalahan tersebut, Dr. drh. Iswahyudi, M.P., kepala bidang kesehatan hewan Dinas Peternakan Jatim menjelaskan, secara statistik nasional, sapi potong provinsi Jatim mencapai 4,9 juta ekor pada tahun 2022, sementara sapi perah sebanyak 305 ribu ekor,

“jadi jika diminta untuk mensuplai kebutuhan sapi potong ke Kalsel, pihaknya mengaku siap untuk memenuhi kebutuhan sapi potong di Kalsel,” jelasnya.

Selanjutnya Iswahyudi menjelaskan, Jatim bukan tanpa masalah, tahun 2022 yang lalu PMK pertama kali ditemukan di daerah Jatim, hanya saja pihaknya serius menangani wabah tersebut, seperti pemberian vaksin pada sapi dan lain sebagainya.

Iswahyudi menerangkan, Kalsel tidak perlu takut mengambil sapi dari daerah Jatim, karena sapi yang nantinya akan dikirim, sudah terbebas dari PMK.

Ditemui di akhir kegiatan, Fahrani kembali menyampaikan rasa optimistisnya untuk pemenuhan kebutuhan sapi potong di Kalsel pada tahun 2023 mendatang.

”Kita optimistis pemenuhan kebutuhan sapi potong tercukupi, selanjutnya kita rencanakan dari sekarang hingga 5 sampai 10 tahun mendatang, daerah kita sebagai penyangga Ibukota Negara baru, kita bisa swasembada pangan, khususnya daging sapi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/23/dprd-kalsel-upayakan-pemenuhan-daging-sapi-jelang-ramadhan-dan-idul-adha/
Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.