Januari-Februari Sudah Ada 21 Kejadian, Puncak Banjir Rob Banjarmasin Diprediksi Malam Ini

0

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Husni Thamrin memprediksi puncak banjir rob akibat fenomena air pasang laut akan terjadi pada Selasa (21/2/2022) malam ini.

“SELAMA bulan Februari 2023 ini, sebagian wilayah Kota Banjarmasin memang dilanda banjir rob, akibat pasang air laut. Kondisi ini diperparah dengan tingginya curah hujan belakangan ini. Bahkan, hampir tiap hari turun hujan,” ucap Husni Thamrin kepada awak media di Banjarmasin, Selasa (21/2/2023).

Mantan Sekretaris KPU Kota Banjarmasin mengatakan fenomena banjir rob menjadi hal lumrah melanda kota seribu sungai ini, karena daratannya berada di bawah permukaan air laut.

“Posisi Banjarmasin ini di bawah permukaan air laut 16 centimeter. Sebagian besar, kontur dataran juga flat atau datar, sehingga ketika permukaan air laut naik, maka hampir seluruh daerah terdampak banjir rob,” ucap Husni.

BACA : Waspada Cuaca Ekstrem Pengujung Tahun, Puting Beliung Terjang Kawasan Sungai Andai

Dia menyebut kondisi banjir rob saat ini tidak lebih parah dibandingkan pada akhir tahun 2022 lalu. “Cuaca ekstrem dan dampaknya ini lebih parah berlangsung pada November dan Desember 2022 lalu. Bahkan, untuk laporan lebih banyak daripada untuk saat ini,” kata Husni.

Berdasar data yang diolah BPBD Kota Banjarmasin, pada November dan Desember 2022, puncak cuaca ekstrem mengakibatkan 40 kejadian.

“Jika dibandingkan dari data sementara Januari dan Februari 2023 ini, maka dua bulan sebelumnya jauh lebih banyak laporan kejadian (banjir rob). Untuk laporan Januari 2023, kami menerima 10 kejadian. Sedangkan, selama Februari ini baru ada 11 kejadian. Atau baru 21 kejadian selama dua bulan ini,” papar Husni.

BACA JUGA : Fenomena Langit Sore Berawan Hitam, Waspada Hujan Petir Melanda Wilayah Kalsel

Dari data BMKG per Selasa (21/2/2023), Husni mengatakan bahwa  puncak dari pasang air laut tinggi serta cuaca buruk yang melanda kawasan di Banjarmasin terjadi pada malam hari.

“Kalau mengutip data BMKG, maka puncak banjir rob terjadi pada mala mini. Dengan ketinggian air mencapai 2,6 meter dari titik tersurut air. Jadi, kemungkinan daerah daratan paling tinggi akan terendam berkisar 30-40 centimeter dari jalan,” tutur Husni.

BACA JUGA : Waspada Bencana Hidrometeorologi Melanda, Akademisi Uniska Khawatir Berlanjut Krisis Air Bersih

Untuk itu, Husni mengimbau warga dalam menghadapi fenomena banjir rob yang melanda Banjarmasin dan sekitarnya selama beberapa hari patut meningkatkan kewaspadaan. Terutama, menyelamatkan peralatan listrik agar terhindar dari bahaya setrum, ketika air memasuki pemukiman.

“Beberapa titik yang menjadi daerah paling terdampak adalah kawasan bantaran sungai. Seperti di kawasan Kelayan, Alalak, Basirih serta daerah pinggiran sungai lainnya di Banjarmasin,” tandas Husni.(jejakrekam)

Pencarian populer:AKBP Husni Thamrin jadi Kalak BPBD,https://jejakrekam com/tag/kepala-bpbd-banjarmasin-husni-thamrin/
Penulis Fery Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.