3 Budaya Asli Kabupaten Banjar Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Kemendikbud

0

PEMERINTAH Kabupaten Banjar telah melakukan inventarisir kekayaan budaya asli Kabupaten Banjar dan diproses penetapannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

HAL tersebut disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah saat apel kerja gabungan di halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura Senin (20/2/2023).

“Pasar Terapung Lok Baintan, Sinoman Hadrah, dan Kerbau Rawa Desa Alalak Padang Kecamatan Cintapuri Darussalam merupakan karya budaya asal Kabupaten Banjar, kebudayaan itu telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” jelas Ikhwansyah.

BACA : Melawan Zaman Berubah, Merawat Eksistensi Kesenian Banjar Sinoman Hadrah

Adapula, ujar Ikhwansyah dua kekayaan budaya Kabupaten Banjar lainnya yang telah masuk nominasi untuk ditetapkan sebagai WBTB Indonesia tahun 2023 ini yaitu Penggosokan Intan dan Musik Kintung.

“Penetapan sebagai warisan budaya Indonesia merupakan langkah awal dari upaya kebudayaan kita dapat diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO,” ungkapnya.

Masih kata Ikhwansyah, Kabupaten Banjar tahun 2023 akan  melaksanakan 10 festival budaya dan pariwisata yang akan  menjadi bagian dari kalender even pariwisata Kalimantan Selatan tahun 2023. Even tersebut berkerjasama dengan Pemprov Kalsel dengan mempromosikan destinasi wisata, untuk meningkatkan kunjungan dan memberdayakan potensi lokal.

BACA JUGA :  Lestarikan Budaya Banjar, 14 Grup Sinoman Hadrah Adu Kemahiran

Terkait olahraga, Disbudporapar Kabupaten Banjar tengah berkonsentrasi dalam mempersiapkan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel yang akan dilangsungkan di Kota Banjarmasin pada bulan Juni atau Juli 2023 mendatang.

“Seleksi telah dilakukan dengan kejuaraan pada Februari sampai Maret, mulai tingkat SMP sampai SMA atau kelahiran maksimal tahun 2005. Semoga atlet POPDA kita banyak memperoleh medali dan mengharumkan nama Kabupaten Banjar,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.