Fenomena Langit Sore Berawan Hitam, Waspada Hujan Petir Melanda Wilayah Kalsel

0

SELAMA Januari hingga memasuki Februari 2023, cuaca ekstrem masih melanda wilayah Kalimantan Selatan. Fenomena awan hitam yang mengandung hujan disertai angin kencang, hingga petir menyambar menjadi hal biasa.

“BERDASAR prakiraan cuaca sebagian wilayah Kalimantan Selatan pada 15-22 Februari 2023 masih diwarnai langit yang berawan. Jadi, masih berpotensi turun hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi,” ucap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Iswantoro kepada jejakrekam.com, Kamis (16/2/2023).

Dia menjelaskan, suhu udara di Kalsel berkisar antara 24°C hingga 38 °C. Dengan Kelembaban udara berkisar antara 80 persen sampai 90 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 0 sampai 10 kilometer per jam.

BACA : Bajak Sawah di Tengah Cuaca Ekstrem, Warga Desa Tambalang Kecil Alabio Tewas Disambar Petir

“Dengan kondisi demikian, maka masyarakat diingatkan agar waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat serta angin kencang di sebagian besar wilayah Kalsel,” tutur Iswantoro.

Selain itu, menurut dia, kewaspadaan perlu ditingkatkan bagi khalayak ramai di Kalsel. Terutama, terhadap potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang. Hal ini terkait akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

BACA JUGA : Waspada Cuaca Ekstrem Landa Banjarmasin, 5 Pohon Tumbang Diterjang Angin di Cempaka Raya

Warga Banjarmasin, Ahmad Saufi mengakui kondisi cuaca ekstrem yang melanda Banjarmasin dan sekitarnya, membuat dirinya was-was.

“Apalagi, jika hujan turun lebat sebelumnya ditandai dengan petir menyambar. Saya kalau melihat awan hitam, lebih memilih pulang ke rumah mengamankan diri daripada berada di jalan atau lapangan terbuka, takut tersambar petir,” kata warga Sungai Miai Dalam ini.

Menurut dia, fenomena awan hitam yang kerap menghiasi langit Banjarmasin dan sekitarnya sudah menjadi penanda turunnya hujan. “Daripada kita menantang maut, lebih baik memilih selamat dan berdoa kepada Allah SWT. Apalagi, belakangan ini fenomena banjir rob juga mulai terlihat dengan tingginya debit air sungai di Banjarmasin,” kata Saufi.

BACA JUGA : Intensitas Hujan Dan Air Pasang Diperkirakan Tinggi Hingga Februari, BPBD Imbau Masyarakat Untuk Bersiaga

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya bkmg.go.id juga mengeluarkan peringatan dini pada Kamis (16/2/2023), Jumat (17/2/2023) hingga Sabtu (18/2/2023) adanya potensi hujan sedang dan lebat disertai kilat/petir serta angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kalsel.

Wilayah yang terdampak cuaca ekstrem meliputi Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai  Selatan, Hulu Sungai Tengah (HST), Kotabaru, Tanah Bumbu dan pada dini hari di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong dan Balangan dan sekitarnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/16/fenomena-langit-sore-berawan-hitam-waspada-hujan-petir-melanda-wilayah-kalsel/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.