Datangi Kantor Bupati Banjar, LSM KAKI Ajak Dukung PD Baramarta Untuk Bayar Utang

0

PULUHAN massa dari Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel, menggelar demo di depan kantor Bupati Banjar di Martapura, Kamis (9/2/2023).

SATU jam berorasi, para pendemo disambut perwakilan Pemkab Banjar. Dalam orasinya, Ketua KAKI Kalsel, Husaini mengajak Pemkab Banjar dan masyarakat mendukung manajemen baru PT Baramarta untuk menyelesaikan utang miliaran Rupiah peninggalan pimpinan lama.

“Apabila PT Baramarta sudah melakukan pembayaran utang, PAD dan segalanya. Tentu kita dorong, kita dukung,” katanya.

BACA: Daripada Jadi ‘Sapi Perahan’ Puluhan Massa Minta PD Baramarta Dibubarkan

Setelah ditinggalkan pimpinan lamanya, Teguh Imanullah, karena terbukti korupsi. Kini perusahaan daerah di sektor tambang batu bara ini memang harus berbenah.

Sebab, ketika Rachman Agus ditugasi menggantikan Teguh pada akhir September 2020, perusahaan ini sudah punya utang pajak dan tunggakan sekitar Rp 427 miliar.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ikhwansyah yang mewakili Bupati Banjar, berjanji akan melaksanakan apa yang disampaikan pendemo. “Mudah-mudahan ini menjadi hal positif untuk Kabupaten Banjar,” ucapnya.

BACA JUGA: Komitmen PD Baramarta Bayar Iuran BPJS

Sebelumnya, Dirut PT Baramarta Rachman Agus menyampaikan, pihaknya berkomitmen membayar utang pajak peninggalan manajemen lama.

Untuk melunasi utang yang tersisa, mereka melakukan kontrak kerjasama dengan PT Madhani Talatah Nusantara (MTN).

Dalam kontrak tersebut disepakati, kedua belah pihak akan melakukan penyelesaian utang PT Baramarta sebesar Rp 427 miliar dari hasil proyek paling lama 3 tahun ke depan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.