Intensitas Hujan Dan Air Pasang Diperkirakan Tinggi Hingga Februari, BPBD Imbau Masyarakat Untuk Bersiaga

0

CURAH hujan yang tinggi, akibatkan sebagian titik di Kota Banjarmasin terendam. (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) BPBD imbau warga tetap siaga sampai musim penghujan reda.

BEBERAPA hari ke belakang, wilayah Banjarmasin mengalami curah hujan yang tinggi. Diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan, hal ini berdasar dari pantauan perkiraan cuaca yang dirilis BMKG untuk wilayah Banjarmasin.

Diperparah lagi dengan tingginya air pasang, yang membuat beberapa wilayah di bantaran sungai juga terancam terendam.

BACA: Fokus Pengendalian Banjir Banjarmasin, Hasil Kajian : Sungai Kian Dangkal dan Air Laut Terus Naik!

Terpantau setidaknya ada sekitar tujuh titik yang mengalami kenaikan air yang cukup tinggi, ini disampaikan oleh Yossie Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), BPBD Kota Banjarmasin.

“Kelayan Tengah, Basirih, Kuin Cerucuk, dan sebagian Pelambuan. Kemudian di wilayah sekitar bantaran sungai, seperti di Alalak Selatan, Alalak Tengah, serta sebagian Alalak Utara, yang beberapa daerah itu terpantau ketinggian airnya lumayan,” paparnya.

Untuk ketinggian air dijelaskannya berbeda-beda untuk tiap titik, dari ketinggian 10 cm sampai hampir 50 cm. “Untuk air paling tinggi dari aspal itu sekitar 20 cm, kemungkinan daerah gang dan perumahan penduduk bisa lebih dalam lagi, karna perbedaan ketinggian antara aspal dan jalan tanah warga yang bisa mencapai 10-15 cm,” ungkapnya.

Dijelaskannya, waktu pasang surut pada hari Rabu (1/2/2023) dari pukul 16.00 WITA telah mengalami kenaikan, dan mulai surut sekitar pukul 23.00 WITA. Namun hingga hari Kamis (2/2/2023), terpantau beberapa wilayah masih terlihat tergenang air.

BACA JUGA: Banjir Terus Mengintai, Pengamat Minta Pemkot Banjarmasin Siapkan Kebijakan Mikro dan Makro

Hal ini dikarenakan hujan yang terus mengguyur dari malam sampai siang hari, curah hujan yang tinggi ini dikatakannya akan terus terjadi hingga akhir Februari, sama dengan pasang air laut. “Dari data BMKG, hujan ini kemungkinan sampai akhir Februari, kalau pasang air di pertengahan,” jelasnya.

Status kebencanaan banjir sendiri, jika dilihat dari Potensi Banjir yang dirilis oleh BPBD Prov Kalsel.

Namun Yossie mengimbau, agar tidak ada salahnya tetap hati-hati dan bersiaga. “Sebaiknya tetap waspada karna kita belum tau pasti setinggi apa nanti air naik, serta selebat dan selama apa hujan akan turun,” imbaunya.

Dia juga meminta masyarakat untuk tetap sigap jika air mulai naik, “Segera amankan peralatan elektronik, juga tetap dijaga anggota keluarga karna arus sungai yang sukup deras,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.