Bupati HM Zairullah Azhar Launching Aplikasi SiBakul dan SiPensil

0

BUPATI HM Zairullah Azhar menjalin kerjasama dengan Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II, sekaligus meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Konsultasi Bantuan Hukum Online (SiBakul) dan Sistem Informasi Salinan Penetapan Pengadilan Negeri Batulicin (SiPensil), di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, pada Kamis (2/2/2023).

APLIKASI SiBakul dan SiPensil merupakan kerjasama Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Bumi Bersujud.

Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II, Muhammad Chandra menyampaikan, aplikasi yang dilaunching ini merupakan sebuah inovasi yang diciptakan oleh Pengadilan Negeri (PN) Batulicin.

Melalui aplikasi SiBakul, sebut Muhammad Chandra, masyarakat pencari keadilan dapat melakukan konsultasi melalui WhatsApp (WA) mengenai persyaratan yang dibutuhkan ketika hendak mengajukan permohonan di Pengadilan.

BACA JUGA: Menteri Agama Launching Program Kampung Zakat di Tanbu

Masyarakat yang ada di kecamatan/desa yang jaraknya cukup jauh dapat mempersiapkan persyaratan yang diperlukan terlebih dahulu dengan cara berkonsultasi melalui WhatsApp dan akan dilayani oleh Pos Bantuan Hukum PN Batulicin.

Kemudian aplikasi SiPensil adalah Sistem Informasi Salinan Penentapan Pengadilan Negeri Batulicin yang telah terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Bumbu.

Masyarakat yang mengajukan permohonan dan membutuhkan penetapan dari Pengadilan dapat langsung datang ke Kantor Disdukcapil tanpa harus datang ke Pengadilan Negeri Batulicin.

“Contohnya seperti perubahan nama, akan langsung di-input oleh petugas PN Batulicin dan otomatis terkoneksi dengan sistem yang ada di Disdukcapil,” tuturnya.

Ia pun berharap dengan adanya kerjasama tersebut maka pemerintah di tingkat kecamatan dan desa dapat membantu mengawal serta mensosialisasikan aplikasi ini ke masyarakat, sehingga keberadaan aplikasi itu manfaatnya lebih banyak menyentuh ke masyarakat.

Bupati HM Zairullah Azhar mengapresiasi dan menyambut baik atas inovasi yang diinisiasi oleh Pengadilan Negeri Batulicin tersebut.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Mulai Terapkan Digital ID

Menurutnya, kehadiran aplikasi SiBakul dan SiPensil merupakan strategi birokrasi yang dapat memberikan warna baru di Kabupaten Tanah Bumbu dalam hal kemudahan pelayanan untuk kepentingan masyarakat umum.

“Harapan kami, semoga Allah dapat menjadikan Tanah Bumbu sebagai Kabupaten yang berkah, mengingat keadilan dan pelayanan hukum semakin mudah dengan adanya inovasi ini,” imbuhnya.

Peluncuran aplikasi SiBakul dan SiPensil tersebut, hadir pula Forkopimda, Sekda H Ambo Sakka, Kepala SKPD, Kabag, Camat, Kepala Desa, dan undangan lainnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.