Bicarakan Masalah Pertanian dan Alsintan, DPRD Balangan Sambangi Samarinda

0

GUNA membahas tugas dan fungsi DPRD terhadap pengelolaan alat dan mesin pertanian (Alsintan) DPRD Balangan mengunjungi DPRD Kota Samarinda di Provinsi Kalimantan Timur.

“UNTUK di Kabupaten Balangan, itu kan pertanian mereka sangat banyak dan hampir mencapai 28 ribu hektare,” kata anggota DPRD Balangan Nur Fariani, Senin (31/1/2023).

Dia mengatakan, sektor pertanian menjadi pokok utama dalam kunjungan kali ini. Sebab Kabupaten Balangan terkendala pada alat pertanian yang terbilang mahal.

“Yang terjadi di sana kalau mendapatkan bantuan kelompok tani itu terkadang langsung dikuasai dan dijadikan milik pribadi,” bebernya.

Hal inilah kemudian yang mendorong Kabupaten Balangan untuk melakukan shearing dengan DPRD Kota Samarinda serta meminta tanggapan Samarinda mengenai Alsintan tersebut.

BACA : Kualitas Signal Telekomunikasi di Kecamatan Tebing Tinggi Menjadi Atensi Anggota DPRD Balangan

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Balangan, Nur Fariani menambahkan, selama ini Alsintan hanya diperuntukkan dan dianggarkan pada kelompok petani, tetapi dalam pengelolaan tersebut begitu tidak maksimal.

“Jadi kami datang sekaligus belajar untuk mewujudkan implementasi Perda Pertanian dalam meningkatkan pengawasan pengelolaan Alsintan oleh kelompok tani,” tambahnya.

BACA JUGA : Agar Usulan Dapat Terealisasi, DPRD Balangan Berharap Para Pejabat Hadiri Musrenbang

Alasannya memilih Kota Samarinda sebagai kunjungan kerja karena menilai Kota Tepian sangat baik dalam pengelolaan sektor pertanian.

“Ke depannya kami akan rutin melakukan kunjungan ke daerah lainnya agar lebih maksimal dalam penerapan pengawasan pertanian di Kabupaten Balangan,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.