PT AM Bandarmasih-Perumda PALD Mau Disuntik Tambahan Modal, Forkot Banjarmasin Minta Audensi Publik

0

FORUM Kota (Forkot) Banjarmasin menyikapi adanya usulan suntikan tambahan atau penyertaan modal untuk dua perusahaan pelat merah milik Pemkot Banjarmasin melalui APBD.

DUA rancangan peraturan (raperda) penambahan penyertaan modal Pemkot Banjarmasin ke PT Air Minum (AM) Bandarmasih dan Perumda Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) ke DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (25/1/2023).

Ketua Forkot Banjarmasin, Syarifuddin Nisfuady mengaku permintaan untuk audensi dengan direksi dan komisaris PT AM Bandarmasih dan Perumda PALD Kota Banjarmasin telah dilayangkan melalui surat resmi.

“Untuk PT AM Bandarmasih, tentu kami menagih janji dari jajaran komisaris yang memastikan evaluasi atas kebijakan penyesuaian tarif 10 persen kepada masyarakat pelanggan pada September 2022 lalu,” tutur Nisfuady kepada jejakrekam.com, Senin (30/1/2023).

BACA : Tuntut Pembatalan Tarif Air 10 Persen, Forkot Banjarmasin Temui Dewan Komisaris PT AM Bandarmasih

Menurut Nisfuady, pertemuan jajaran Forkot Banjarmasin dengan Ketua Dewan Komisaris PT AM Bandarmasih, Totok Agus Daryanto pada pertengahan Oktober 2022 lalu, ternyata belum ada tindaklanjutnya.

“Padahal, kami meminta agar pemberlakuan kenaikan tarif air minum 10 persen oleh PT AM Bandarmasih secara bertahap, sehingga tidak membebani masyarakat. Nah, hasil evaluasi jajaran komisaris ini yang kami tunggu seperti apa nantinya,” tutur Nisfuady.

BACA JUGA : Polling Forkot Banjarmasin; Kebijakan Tarif Air 10 Persen PT AM Bandarmasih Ditolak Pelanggan

Khusus untuk Perumda PALD Kota Banjarmasin, Nisfuady mengatakan sudah dikirim surat ke direktur agar bisa diluangkan waktu beraudensi, karena hal ini menyangkut pengelolaan air limbah di kota.

“Dengan bertambahnya populasi penduduk di Banjarmasin, tentu penanganan limbah harus menjadi atensi khusus. Apalagi, ada hasil penelitian soal adanya pencemaran air Sungai Martapura, harus jadi perhatian oleh Perumda PALD Kota Banjarmasin. Dengan adanya audensi ini, tentu kami bisa menyampaikan secara terbuka kepada publik, terutama di jaringan Dewan Kelurahan yang ada di Banjarmasin,” tutur tokoh masyarakat Banua Anyar ini.

BACA JUGA : Tangani Air Limbah, PD PAL Banjarmasin Segera Bertransformasi Jadi Perusahaan Umum Daerah

Untuk diketahui, dalam raperda penyertaan modal PT AM Bandarmasih, Walikota Ibnu Sina mengusulkan ke DPRD Kota Banjarmasin menyetujui suntikan dana segede Rp 30 miliar pada anggaran 2023.

Dengan adanya tambahan modal itu, maka ‘saham’ Pemkot Banjarmasin akan naik di PT AM Bandarmasih dari awalnya Rp 416.320.663.556 menjadi Rp 446.320.663.556. Hal ini berkelindan dengan rencana bisnis pabrik air periode 2019-2023 dalam meningkatkan pelayanan dan distribusi air bersih telah diproyeksikan investasi. Terdiri dari investasi bidang teknik Rp 435,617 miliar dan bidang umum Rp 52,279 miliar, sehingga total investasi dibutuhkan Rp 491,896 miliar.

BACA JUGA : Gawat! Sungai Martapura Tercemar Mikroplastik dan Kadar Oksigen Air Rendah

Sementara usulan tambahan modal bagi Perumda PALD Kota Banjarmasin mencapai Rp 72,5 miliar dengan skema dibayar cicilan periode 2022-2026. Rinciannya, suntikan tambahan modal pada 2023 Rp 16 miliar, 2024 (Rp 23 miliar), 2025 (Rp 17 miliar) dan tahun 2026 sebesar Rp 16,5 miliar.

Dengan adanya tambahan modal itu, maka ‘saham’ Pemkot Banjarmasin akan tergerek naik menjadi Rp 224.416.220.338. Sebab, saat ini, perusahaan yang bergerak dalam penanganan limbah seperti air limbah yang dihasilkan dari kamar mandi (WC), septic tank atau dapur dari pelanggan PDAM Bandarmasih dan pengolahan lumpur tinjau terkendala finansial.

BACA JUGA : Segera Bikin Riset Pembanding, DLH Kalsel Akui Sungai Martapura Terkontaminasi Mikroplastik

Catatannya, saat ini kondisi kesulitan keuangan dialami Perumda PALD Kota Banjarmasin dengan akumulasi kerugian hingga 31 Desember 2021 mencapai Rp 99,3 miliar lebih atau 65 persen dari setoran modal pemegang saham tunggal yakni Pemkot Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.