Permudah Pasien Berobat, Puskesmas Batumandi Punya Pojok Pandu

0

UNTUK mempemudah pasien berobat, Puskesmas Kecamatan Batumadi Kabupaten Balangan punya Pojok Pandu atau disebut Pojok Pelayanan Terpadu.

POJOK pandu merupakan salah satu inovasi Puskesmas Batumandi, untuk menjaring pasien untuk berobat.

Kepala Puskesmas Batumandi Hj. Nurul Bahriah mengatakan, inovasi pojok pandu untuk menjaring pasien yang datang untuk dapat diklasifikasikan penyakit yang di derita pasien.

“Pelayanannya di Pojok Pandu ini bagi masyarakat yang ingin berobat baik itu dokter Gigi, ibu hamil atau poli umum. Dan apabila umur 15 sampai 59 tahun mereka wajib diperiksa terlebih dahulu di pojok Pandu,” ujarnya, belum lama tadi.

Sedangkan jelasnya pelayanan di pojok pandu dimulai tekanan darah, tinggi dan berat badan, serta pasien yang juga mendapat pemeriksaan tiga laboratorium dasar.

“Jadi seperti asam urat, kolesterol, gula darah. Jadi di sana kami dapat menjaring apakah si pasien ini salah satu mempunyai penyakit tersebut,”tuturnya.

Kemudian lanjutnya setalah pemeriksaan di pojok Pandu pasien bisa menuju sesuai poli yang mereka inginkan. Sehingga saat pasien berada di poli sudah diperiksa.

Bahkan tambah Nurul, bagi pasien di atas usia 59 tahun atau lansia tidak melalui pemeriksaan pojok pandu namun saat rekam medisnya sudah lengkap maka petugas puskesmas yang menjemput.

“Kita juga menyediakan pendaftaran pasien secara online, dengan hanya mendaftar melalui rumah dan datang ke Puskesmas menunjukkan kepada petugas,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya inovasi tersebut bisa mempermudah dan memberikan kenyamanan kepada pasien untuk berobat di Puskesmas Batumandi.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.