Ini Surat Pemberitahuan Terbuka dari Dua Ahli Waris Abah Guru Sekumpul

0

DALAM surat pemberitahuan atau imbauan yang beredar di media sosial secara berantai, dua ahli waris Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) mengeluarkan pengumuman atau imbauan.

PENGUMUMAN dan imbauan bernomor  A01/AR-SKP/I/2023 dengan kop Musholla Ar Raudhah Sekumpul Martapura, dua putra Abah Guru Sekumpul; H Muhammad Amin Badali dan H Ahmad Hafi Badali menyatakan dalam surat terbukanya. Demikian isinya;

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam kesempatan ini ada yang ingin kami sampaikan dan luruskan mengenai Haul. Peringatan Haul Ayahanda kami (untuk umum) sedari dulu diadakan dan disesuaikan bersamaan dengan kegiatan rutin malam senin di Musholla Ar-Raudhah. 

Acaranya pun kurang lebih sama seperti bagaimana kegiatan malam senin biasanya, tetapi jelas adanya tambahan Tahlil dan Doa untuk Beliau.

Kemudian di waktu pandemi, kami menyesuaikan dengan keadaan. Kegiatan dan Acara tetap ada, tapi tertutup dan terbatas. Haul pun masih ada setiap tahunnya, tetapi sesuai keadaan. Ditiadakan dan Tidak Terbuka untuk Umum bukan berarti tidak ada peringatan Haul sama sekali.

BACA : Terbuka untuk Umum, Haul Guru Sekumpul Digelar Selepas Shalat Magrib di Mushalla Ar Raudah 

Haul Ayahanda kami yang untuk umum itu selain karena pandemi/keadaan lainnya, selalu terbuka dan berjalan dan diadakan apa adanya.

Pihak kami tidak meminta-minta atau menjual momen Haul. Dan kami juga tidak ada mengundang siapapun secara khusus atau terbuka. Semua diterima untuk hadir dengan panggilan hatinya masing-masing. Seperti itu dari awal, dan akan tetap seperti itu seterusnya.

BACA JUGA : Bahas Dapur Umum Hingga Arus Lalulintas, Pemprov Kalsel Gelar Rapat Pemantapan Haul Guru Sekumpul

Kami pihak ahli waris akan selalu berusaha dan terus menjaga kemurnian acara dan kegiatannya agar tidak tercampur oleh hal-hal lain. Sesuai yang Ayahanda kami inginkan.

Dua surat pemberitahuan atau imbauan yang berada dari Musholla Ar Raudhah Sekumpul Martapura. (Foto Istimewa)

Mengenai Tempat Acara Peringatan Haul Ayahanda yang Kami laksanakan pasti tidak akan berpindah. Akan sama terus seperti dulu. Walau tentu saja siapapun bisa mengadakan Haul. Tetapi kami harap para jama’ah paham dan mengerti bahwa kami tidak ada terlibat dengan pihak-pihak lain yang juga mengadakan Haul. Terlebih lagi kalau ada hal-hal yang jelas berlawanan dan berbeda dengan keinginan Ayahanda kami.

BACA JUGA : Menghidupkan Tradisi Haul Guru Sekumpul di Tengah Pandemi Covid-19

Kami tekankan lagi bahwa kami tidak ada terlibat dengan pihak-pihak lain yang juga mengadakan Haul. Jika ada yang menggunakan foto atau melibatkan nama Musholla Ar-Raudhah, Itu jelas tidak benar dan kami tidak pernah menyetujui hal seperti itu.

Dan kami juga ingin menyampaikan bahwa dari awal, pihak kami tidak pernah memulai dan menggunakan kata “Akbar” untuk Haul. Ke depannya kami harap untuk Haul Ayahanda kami tidak digunakan dan dikaitkan dengan kata Akbar atau apapun lagi. Karena kata seperti itu bisa memberi kesan dan arti lain yang mungkin membuat lupa tentang apa maksud dan arti Haul itu sesungguhnya.

BACA JUGA : Berziarah ke Makam Gus Dur dan Guru Sekumpul yang Membawa Berkah

Dan juga untuk ke depannya jika tidak ada sesuatu dan keadaan yang mengharuskan, kami tidak akan mengumumkan Peringatan Haul Ayahanda kami lagi. Haul akan terus ada di tempat kami sesuai waktu dan juga keadaannya.

Jika ada pemberitahuan atau pengumuman pasti akan disampaikan lewat media sosial resmi Ar-Raudhah. Selain itu bukan dari kami. Jangan mudah percaya dengan ucapan tidak resmi atau berita hoax yang sering menyebar. Dimohon pengertiannya.

BACA JUGA : Pembaruan Religiusitas oleh Abah Guru Sekumpul

Semoga semua jama’ah dan orang-orang yang benar Mencintai, Menyayangi, Dan perduli kepada Ayahanda kami juga ikut terus menjaga dan mempertahankan apa yang Ayahanda kami senangi dan inginkan.

Jangan biarkan pihak-pihak yang berusaha Melibatkan, Menggunakan dan Memanfaatkan Nama, Foto, Dan momen Peringatan Haul Ayahanda kami terus berlanjut dan berkembang.

BACA JUGA : Hindari Kluster Baru, Haul Guru Sekumpul ke-16 Ditiadakan

Mudah-mudahan kita semua bisa terus ingat ajaran dan pesan Beliau. Tidak ternoda dan tercampur dengan niat dan tujuan lain. Dan terus ber-adab juga kepada Beliau.

Demikianlah yang ingin kami sampaikan. Mohon Maaf sebesar-besarnya jika ada kata yang kurang tepat. Semoga semuanya bisa cukup memahami pesan kami. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat kami

H Muhammad Amin Badali     

H Ahmad Hafi Badali

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/30/ini-surat-pemberitahuan-terbuka-dari-dua-ahli-waris-abah-guru-sekumpul/,https://jejakrekam com/tag/kh-muhammad-zaini-bin-abdul-ghani/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.